Prabowo janji berantas korupsi hingga ke akar akarnya

id pemilu 2024,pilpres 2024,kampanye prabowo,prabowo gibran,debat capres 2024

Prabowo janji berantas korupsi hingga ke akar akarnya

Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kedua kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) berjabat tangan dengan pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kiri) sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik masalah pemerintahan, hukum & HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peningkatan layanan publik dan kerukunan warga. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengatakan dirinya bersama Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berkomitmen untuk memberantas korupsi hingga ke akar di Indonesia.

"Prabowo-Gibran, kita akan perbaiki apa yang harus diperbaiki. Kita akan tegakkan yang perlu ditegakkan, dan kita bertekad untuk memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya," kata Prabowo  saat debat capres dalam sesi penyampaian visi misi di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Selasa malam.

Prabowo mengatakan pihaknya memahami bahwa masih banyak kekurangan dalam pemerintahan Indonesia. Meski begitu, menurut dia, masyarakat Indonesia juga harus bersyukur di tengah dunia yang penuh tantangan dan ketidakpastian.

Dia memandang bahwa kondisi Indonesia saat ini masih aman dan terkendali. Dari aspek ekonomi, harga-harga barang di pasaran juga masih terkendali. Hal itu, menurut dia, terjadi karena Indonesia menerapkan kepemimpinan dan manajemen negara yang dinilai berhasil.

"Terjadi perang di mana-mana, di mana negara-negara begitu banyak yang terjadi perang saudara, kerusuhan. Indonesia masih aman, Indonesia masih damai, Indonesia masih terkendali, harga-harga masih terkendali, ekonomi untuk rakyat kita masih aman," kata dia.

Meski situasi relatif aman, Prabowo mengingatkan adanya kekurangan yang terjadi di Indonesia. Situasi tersebut, menurut dia, harus disikapi dengan dewasa. Dia juga menekankan bahwa pemimpin harus memberi contoh yang baik.

"Tetapi kita harus arif, kita harus dewasa, dan kita tidak boleh munafik. Pemimpin itu ing ngarso tulodo, harus memberi contoh," tutur dia.

Prabowo menegaskan bahwa program yang ditawarkan dirinya bersama Gibran memiliki tujuan yang baik. Hal tersebut dilakukan semata-mata demi rakyat.

Dia juga mengingatkan bahwa Indonesia membutuhkan persatuan dan kesatuan. Oleh sebab itu, kata Prabowo, sebaiknya tidak perlu saling menghasut dan mencela. Hal itu mesti diwujudkan demi keberlangsungan kehidupan rakyat Indonesia yang membutuhkan kesejukan dan ketenangan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) KPU menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.