TikTok-Tokopedia diharapkan beri dampak positif bagi UMKM

id Sandiaga uno,Tiktok,Tokopedia,Umkm

TikTok-Tokopedia diharapkan beri dampak positif bagi UMKM

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ditemui saat Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin (11/12/2023). (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap kemitraan antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk melalui Tokopedia dengan TikTok dapat memberikan dampak positif bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia.

"Kami berharap dampaknya terhadap UMKM positif, paling tidak dari segi penyampaian hasil-hasil penjualan dari TikTok Shop, yang harus berhenti karena regulasi pemerintah," ujar Sandiaga di Jakarta, Senin.

Sandiaga menyampaikan, mendukung terjadinya kesepakatan antara TikTok dan Tokopedia. Menurutnya, Tokopedia telah memiliki lisensi atau izin sebagai e-commerce.

Lebih lanjut, ia juga mengapresiasi langkah TikTok yang mampu menyesuaikan dan mengikuti regulasi pemerintah.

"Pemerintah memfasilitasi karena GoTo melalui Tokopedia memiliki lisensi e-commerce dan TikTok Shop bisa beroperasi dan kami mengapresiasi gerak cepat dari TikTok dan GoTo untuk menyesuaikan dan mengikuti regulasi pemerintah," kata Sandiaga.



Diketahui, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. resmi mengumumkan kemitraan strategis bersama platform hiburan TikTok untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) nasional.

Bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah Tokopedia serta TikTok akan memiliki pengendalian terhadap Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia.

TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp23,4 triliun sebagai komitmen jangka panjang untuk berinvestasi mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo diharapkan dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sandiaga: TikTok-Tokopedia diharapkan beri dampak positif bagi UMKM