KNKT: Ledakan tabung CNG sangat berbahaya

id KNKT ,Kecelakaan Sangat Berbahaya ,Kabupaten Sukabumi ,Tabung CNG

KNKT: Ledakan tabung CNG sangat berbahaya

Tim Investigator KNKT saat melakukan investigasi terkait meledaknya tabung CNG di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Kampung Lodaya, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Rabu, (29/11/2023). ANTARA/Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebutkan dari hasil investigasi di hari pertama di lokasi meledaknya tabung compressed natural gas (CNG) di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Kampung Lodaya, Kabupaten Sukabumi, Jabar masuk kategori kecelakaan sangat berbahaya.

 
"Investigasi yang kami lakukan di lokasi meledaknya tabung CNG di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak ini menemukan sejumlah fakta yang menjadikan kejadian itu masuk dalam kategori kecelakaan sangat berbahaya," kata Investigator KNKT Zulfikar di Sukabumi pada Rabu, (28/11).
 
Menurut Zulfikar, temuan di lapangan dampak dari ledakan itu mencapai radius 50 meter atau lebih dari 200 bar. Investigasi yang dilakukan pihaknya juga melihat puing bangunan yang rusak akibat terdampak ledakan.
 
Selain itu, ledakan tabung CNG masuk dalam kategori kecelakaan sangat berbahaya juga dilihat dari jatuhnya korban dan dampak kerusakan yang dihasilkan di mana ada dia korban meninggal dunia dan empat lainnya luka-luka.
 
Kemudian untuk dampak kerusakan yang dihasilkan selain merusak bangunan yang ada di sekitar juga mengakibatkan sejumlah kendaraan rusak.