KNKT : Keselamatan pengendara harus di utamakan

id Lampung, knkt, arus mudik, mudik lebaran, keselamatan pengendara, pemudik, mudik

KNKT : Keselamatan pengendara harus di utamakan

KNKT : keselamatan pengendara harus di utamakan dan ditingkatkan (ANTARA/Emir F. Saputra)

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan masa arus mudik dan balik lebaran 1443 Hijriah atau tahun 2022, kita lebih menitik beratkan pada keselamatan pengendara yang harus di utamakan.

"Tadi kita sudah diskusi dengan BPTP dan Dishub, bagaimana kita meningkatkan keselamatan pengendara roda dua yang akan melaksanakan mudik lebaran 1443 hijriah tahun 2022," kata Soerjanto Tjahjono, di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, kita juga mengimbau kepada pengendara roda dua yang akan melakukan mudik tahun ini, untuk tetap memastikan keselamatan berkerdaraan di jalan raya, istirahat bila lelah, jangan membawa barang berlebihan. Karena itu sangat berbahaya bagi pengendara dan yang dibonceng.

Selain pengendara roda dua, kendaraan bus juga harus lebih di perhatikan khususnya para pengemudi, kernet dan kobdisi bus tersebut.

Guna meningkatkan keselamatan para pengendara bus, KNKT juga memperhatikan dari jam istirahat, jam keberangkatan dan waktunya.

"Waktu istirahat supir juga harus diperhatikan, karena ini menyangkut penumpang yang di bawa. Bila istirahat kurang maka sangat berbahaya, bila dipaksakan untuk terus narik angkutan," katanya

Soerjanto mengatakan, pihaknya telah memasang banner himbauan di jalan tol maupun jalan nasional, untuk tetap waspada dan hati-hati saat berkendara. Karena keselamatan hal utama dalam berkendara.

Ia juga menghimbau kepada seluruh pengendara roda empat khususnya yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera, untuk memperhatikan kondisi kendaraan seperti, mesin, ban, lampu, rem dan lainnya.

"Hal utama yaitu kondisi tekanan ban harus lebih di perhatikan oleh pengendara, karena bila tekanan angin kurang itu sangat berbahaya bila terjadi masalah di jalan seperti pecah ban. Karena bisa membuat kendaraan terbalik, ini harus benar-benar diperhatikan," jelasnya