Marquez ingin selesaikan musim terakhirmya bersama Honda dengan manis

id Marc marquez,joan mir,motogp valencia,Motogp 2023

Marquez ingin selesaikan musim terakhirmya bersama Honda dengan manis

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez memacu motornya pada balapan MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/10/2023). Francesco Bagnaia menjuarai MotoGP Mandalika setelah menyelesaikan 27 lap dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik disusul pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales dan pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez mengatakan ingin mengakhiri tahun terakhir bersama tim yang sudah menaunginya selama 11 tahun tersebut dengan manis pada putaran final musim ini di MotoGP Valencia, akhir pekan ini.

“Kita akhirnya sampai di penghujung tahun. Ini adalah tahun yang penuh dengan pasang surut, emosi, dan keputusan sulit. Sekarang kami datang ke Valencia dengan tujuan untuk mengakhiri musim dengan cara terbaik, ini adalah trek yang saya sukai dan memiliki kenangan indah di dalamnya,” kata Marquez, dikutip dari keterangan resmi tim, Jumat.

 

Marquez dan Honda telah mengarungi setidaknya 169 grand prix, membukukan 59 kemenangan, 64 pole, 101 podium, dan enam titel juara dunia bersama selama lebih dari satu dekade. Keduanya kini siap memulai babak baru, dimana akhirnya Marquez memutuskan untuk pindah ke Gresini Racing pada musim 2024.

“Tentu saja, ini bukan sekedar akhir dari sebuah musim, ini akan menjadi akhir yang sangat emosional karena sebuah babak luar biasa dalam karier olahraga saya, dalam hidup saya, akan segera berakhir,” ujar Marquez.
 

Lebih lanjut, pembalap asal Spanyol itu mengatakan dirinya kini merasakan perasaan yang campur aduk, mengingat berbagai kenangan yang telah ia torehkan bersama tim pabrikan Honda, namun ia juga merasa bersemangat karena ini merupakan salah satu keputusan besar yang ia ambil sepanjang kariernya.

“Bersama dengan Tim Repsol Honda kami telah membuat kisah yang luar biasa selama 11 tahun terakhir, saat-saat baik dan buruk telah membantu saya menjadi diri saya saat ini,” kata Marquez.

“Dan akhir pekan mendatang adalah tentang merayakan apa yang telah kami lakukan dan menikmati waktu bersama hingga akhir. Mari kita buat setiap putaran berarti,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, rekan satu timnya, Joan Mir, mengatakan MotoGP Valencia yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo selalu menjadi tempat yang spesial baginya.

Tidak hanya menjadi tempat debutnya sebagai pembalap Tim Repsol Honda di penghujung tahun 2022, namun Valencia juga menjadi tempat Mir meraih kemenangan debutnya di MotoGP dan gelar Kejuaraan Dunia MotoGP pada tahun 2020.

“Lintasan ini menyimpan kenangan indah bagi saya, tidak hanya menjadi tempat kemenangan pertama saya di MotoGP tetapi juga tempat saya meraih gelar juara pada tahun 2020,” kata Mir.

“Kondisi di akhir tahun ini akan sedikit rumit di sana, terutama di pagi hari sehingga kami perlu untuk berhati-hati. Kami akan terus bekerja maksimal,” ujarnya menambahkan.