Sispala Sdaka bagikan 1.000 bibit pohon jaga lingkungan hidup

id Lampung Selatan ,Bibit pohon ,Jaga kelestarian lingkungan

Sispala Sdaka bagikan 1.000 bibit pohon jaga lingkungan hidup

Suasana saat para pelajar yang tergabung dari Siswa Pecinta Alam SMK NEGERI 2 Kalianda membagikan bibit pohon kepada masyarakat. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Kami komitmen kegiatan pembagian pohon ini kami selenggarakan setiap tahun sejak tahun 2015 hingga saat ini, ujarnya

Lampung Selatan (ANTARA) - Siswa Pecinta Alam SMK Negeri 2 Kalianda (Sispala Sdaka) membagikan sebanyak 1.000 bibit pohon dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia, serta melestarikan lingkungan hidup di Lampung Selatan.

Pembina Sispala Sdaka Dian Sherlyta, di Kalianda, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk kecintaan terhadap alam dan lingkungan di wilayah Lampung khususnya Lampung Selatan.

"Hari ini kami siswa pecinta alam SMK Negeri 2 Kalianda melaksanakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun saa Hari Pohon Sedunia di tanggal 21 November," kata dia.

Menurut dia, salah satunya cara untuk menjaga lingkungan adalah dengan menanam dan membagikan bibit pohon.

Kemudian kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk untuk menumbuhkan semangat menanam pohon kepada masyarakat sekitar.

Bibit pohon yang dibagikan di antaranya pohon pinang, bibit sirsak, alpukat, tabe buya, ketapang kencana, dan trembesi.

"1.000 pohon yang dibagikan untuk masyarakat semua yang ada di Lampung Selatan maupun di lingkungan SMK, agar menghijaukan kembali lingkungan setelah kemarau panjang yang melanda Lampung Selatan," katanya.

Menurutnya hutan merupakan salah satu aset yang tidak ternilai karena itu masyarakat sudah seharusnya menjaga dan merawatnya.

Jika hutan lestari selain bisa menjaga kestabilan pasokan air untuk pertanian, juga mampu meminimalkan bencana banjir dan pastinya udara akan terasa lebih sejuk.

"Kami komitmen kegiatan pembagian pohon ini kami selenggarakan setiap tahun sejak tahun 2015 hingga saat ini, dan pohon ini bantuan dari Dinas kehutanan Provinsi Lampung," ujarnya.

Salah satu warga Desa Sukaraja, Kecamatan Palas, Sukardi mengatakan, ia merasa bersyukur dengan adanya pembagian bibit pohon tersebut bisa menghijaukan kembali lingkungan sekitar rumah.

"Alhamdulillah karena ini gratis sangat membantu masyarakat juga untuk bersama-sama melestarikan lingkungan hidup di sekitar mereka," kata Sukardi.

Ia berharap, agar kegiatan pembagian bibit pohon seperti ini dapat menjadi agenda tahunan agar terciptanya lingkungan yang asri dan sejuk.

"Saya berharap kegiatan seperti ini didukung terus sehingga untuk wilayah Lampung Selatan sendiri lingkungan alamnya semakin indah dan lestari," harapnya.