Jonatan menuju semifinal China Open 2023

id jonatan christie,shesar hiren rhustavito,china open 2032

Jonatan menuju semifinal China Open 2023

Tunggal putra Jonatan Christie saat tampil di Australian Open 2023. (ANTARA/HO-PP PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie melaju ke babak semifinal China Open 2023 setelah memenangi laga "perang saudara" melawan Shesar Hiren Rhustavito di perempat final, Jumat.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Changzhou Olympic Sports Center Gymnasium itu, Jonatan memetik keunggulan dua gim langsung 21-12, 21-17 atas Shesar.

"Bersyukur Tuhan kasih kesempatan lagi tampil di semifinal. Setelah dua pertandingan hasilnya kurang bagus, Australian Open dan Kejuaraan Dunia," ungkap Jonatan melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Soal pertandingannya, Jonatan menceritakan bahwa sebenarnya pada awal pertandingan ia berada dalam posisi lapangan yang kurang menguntungkan.

Nmaun setelah ia berusaha membaca situasi lapangan, Jonatan justru menyadari bahwa situasi Shesar juga sama tidak menguntungkan. Dari analisisnya tersebut, ia pun mencoba untuk mencari celah menyerang dan menekan Shesar.

"Sebenarnya di gim pertama posisi saya yang kurang enak tapi entah kenapa, mas Vitonya malah lebih tidak enak," ujar Jonatan.

Pada gim kedua, perkiraannya mengenai apa yang dirasakan Shesar memang benar. Saat berganti posisi lapangan, ia pun merasakan bahwa sisi lapangan yang ia tempati juga tidak memberikan keuntungan teknis.

"Di gim kedua ternyata saya juga merasakan hal yang sama. Beruntung di poin-poin akhir bisa menguasai keadaan dengan tidak terlalu mengumbar power walaupun kondisi lapangan lebih enak untuk bermain dengan power," imbuh Jonatan.

Jonatan menceritakan bahwa performanya masih terjaga cukup baik hingga babak delapan besar turnamen BWF Super 1000 tersebut. Setelah kalah dari Kejuaraan Dunia di Denmark, Jonatan memutuskan untuk langsung kembali ke Tanah Air dan kembali berlatih intensif di Pelatnas Cipayung.

"Satu hari setelah kalah di Kejuaraan Dunia saya memutuskan untuk pulang dan itu menurut saya berpengaruh dengan performa di sini. Dengan pulang duluan saya jadi bisa lebih lama latihan, lebih fokus dan menghilangkan jetlag lebih cepat," paparnya.

Untuk persiapan pada semifinal, ia mengatakan bahwa akan fokus istirahat dan berdiskusi dengan pelatih untuk mencari strategi terbaik.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jonatan menangi "perang saudara" menuju semifinal China Open 2023