Pemkot Bandarlampung sediakan mobil jenazah

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Bandarlmapung,Mobil Jenazah

Pemkot Bandarlampung sediakan mobil jenazah

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana saat meninjau mobil jenazah yang akan digunakan untuk pelayanan pada masyarakat. Bandarlampung, Senin, (4/9/2023). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung menyediakan lima unit mobil jenazah guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat kota setempat.

"Lima mobil jenazah ini diperuntukkan bagi masyarakat Bandarlampung yang memerlukannya," kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana di Bandarlampung, Senin.

Ia pun mengatakan bahwa bagi masyarakat yang memakai fasilitas mobil jenazah ini tidak dipungut biaya, sebab petugas yang berjaga sudah diberikan dana operasional.

"Harapan saya juga petugas yang diberikan amanat untuk membawa mobil jenazah ini bisa berikan pelayanan terbaik bagi warga kota ini, sehingga mereka puas dengan apa yang telah diberikan oleh pemkot," kata dia.

Eva pun mengungkapkan bahwa masyarakat yang ingin mengakses kendaraan jenazah ini bisa menghubungi call center yang sudah tersedia.

"Masyarakat bisa menghubungi call center yang digunakan untuk mobil ambulans gratis di kota ini," kata dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Desti Mega Putri mengatakan lima mobil jenazah ini memang memiliki spesifikasi yang berbeda dengan mobil ambulans.

"Di dalam mobil ini ada keranda mayat, yang khusus jenazah. Karena kan selama ini memang kami melayani masyarakat dengan mobil ambulans yang sudah tersedia, tetapi kalau ambulans ini kan jenazahnya harus di ikat dengan safety belt," kata dia.

Ia mengatakan bahwa dengan tambahan lima mobil jenazah ini, total sejauh ini ada 15 kendaraan yang alan siap melayani masyarakat Kota Bandarlampung yang memerlukan tindakan cepat karena sakit ataupun meninggal dunia.

"Jadi lima mobil jenazah ini akan kami siagakan di posko kesehatan yang berada di Tugu Adipura,"  kata dia.

Adapun call center Posko Kesehatan di Tugu Adipura, Kota Bandarlampung yakni 0822-7822-1400.