Stafsus Wapres tinjau progres MPP digital di Metro Lampung

id Mppdigital,mpp digital,mpp

Stafsus Wapres tinjau progres MPP digital di Metro Lampung

Stafsus Wapres RI Gatot Prio Utomo saat diwawancarai awak media usai meninjau MPP Metro, Senin (21/8/2023). ANTARA/Hendra Kurniawan

MPP digital ini masih fase awal ya, kita ada 20 kabupaten dan kota, salah satunya Metro ini yang dijadikan percontohan.
Metro (ANTARA) - Staf Khusus Wakil Presiden (Stafsus Wapres) Republik Indonesia Gatot Prio Utomo meninjau Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Metro, Lampung untuk melihat progres penerapan MPP digital di Bumi Sai Wawai.

"Iya untuk MPP digital ini masih fase awal ya, kita ada 20 kabupaten dan kota, salah satunya Metro ini yang dijadikan percontohan. Jadi kami ingin lihat seperti apa progresnya di sini," kata Gatot, usai peninjauan, di Metro, Senin.

Gatot menjelaskan, penerapan MPP digital ini tentu dilakukan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat karena memangkas waktu maupun proses dalam mengurus perizinan.

"Kalau di MPP yang biasa kan masyarakat harus ke sana ke mari, harus fotokopi dan lainnya. Kalau MPP digital kan bisa lebih mudah. Kemudian, jangkauan pelayanan MPP digital ini juga akan lebih luas," ujarnya pula.

Kendati demikian, kata dia lagi, penerapan MPP digital ini harus dilakukan secara hati-hati. Sebab, MPP digital akan terintegrasi dan menyimpan semua data masyarakat.  

"Ini yang harus kita perhatikan. MPP digital ini akan menyimpan data masyarakat, jadi harus hati-hati," ujarnya lagi.

Selain itu, migrasi ke MPP digital ini juga harus didukung oleh pemerintah daerah, karena MPP ini membutuhkan fasilitas yang memadai. 

Dia menyatakan pula, untuk fase awal penerapan MPP digital ini ada dua pelayanan yang disediakan, yaitu pelayanan kependudukan dan perizinan tenaga kesehatan.

"Untuk sementara ini dua layanan itu yang diterapkan. Nanti kalau sudah berjalan baik di 20 kabupaten dan kota percontohan itu baru kita terapkan ke semua daerah," katanya lagi.

Gatot menambahkan, fasilitas MPP di Kota Metro sudah baik, selain memiliki gedung yang mumpuni, pelayanan di MPP Metro juga sudah sangat baik.

"Ini baru setengah tahun terbentuk sudah luar biasa ya. Gedung bagus, pelayanan prima, pengaturan antrean juga sudah bagus. Jadi tinggal mensosialisasikan fasilitas ini sehingga bisa menarik masyarakat agar bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik di sini," katanya pula.
Baca juga: Wali Kota Metro tinjau pembangunan MPP
Baca juga: KemenPAN-RB tinjau pembangunan MPP Metro