Disdikbud Kota Metro bina guru PPPK jadi teladan siswa

id Pendidikan kota metro, guru PPPK metro, kota metro

Disdikbud Kota Metro bina guru PPPK jadi teladan siswa

Kepala Disdikbud Kota Metro Suwandi saat memberi keterangan. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro, Lampung melakukan pembinaan dan pembekalan kepada guru yang baru diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di daerah itu agar bisa menjadi teladan para siswa.

Kepala Disdikbud Metro Suwandi di Metro, Kamis, mengatakan pembinaan tersebut menjadi bekal para guru PPPK ketika memberikan pembelajaran kepada siswa di sekolah masing-masing.

"Mereka (guru PPPK, red.) baru saja mendapat surat keputusan dari Wali Kota Metro. Jadi hari ini kami memberikan pembinaan lebih mendalam, supaya mereka memahami berbagai hal yang menjadi tugas-tugas mereka nanti saat bertugas," kata dia usai pembinaan yang dilaksanakan di Aula K.H. Ahmad Dahlan Disdikbud Kota Metro.

Dia menjelaskan kegiatan itu penting mengingat peranan guru tidak hanya bertugas mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga mendidik tentang karakter dan moral, serta menjadi pembimbing dan panutan para siswa ketika di kelas.

"Kalau mau mendidik siswa agar memiliki moral dan karakter yang baik, guru juga harus memiliki moral yang baik. Berikan contoh dan teladan yang baik sesuai profil pelajar Pancasila," ujarnya.

Dia menuturkan total 84 guru PPPK ikut dalam kegiatan tersebut, di mana 80 orang di antaranya guru sekolah dasar (SD) dan empat guru sekolah menengah pertama (SMP).

"Jadi mereka ini sebelumnya sudah menjadi guru honorer dan mempunyai pengalaman juga jadi dengan adanya pelatihan akan semakin baik," ujarnya.

Seorang guru PPPK di daerah itu, Dewi Widia, mengaku senang atas kenaikan status dari sebelumnya honor menjadi guru PPPK.

Ia mengaku bersama rekan-rekannya sudah berjuang bertahun-tahun sebagai guru honor.

"Perasaan haru sekaligus bangga, sebagai guru PPPK saya harus lebih giat dan semangat lagi memberi pendidikan kepada siswa dan siswi, demi mewujudkan anak didik yang cerdas serta berakhlak dengan baik," kata dia.