KBRI Moskow gelar PPP 2023

id kbri moskow,permira,KBRI Moskow-Permira gelar PPP,Permira gelar PPP 2023,mahasiswa inddonesia di rusia,putra-putri pemir

KBRI Moskow gelar PPP 2023

Putra Putri Permira 2023 dan para finalis PPP 2023 berfoto di Lapangan Merah Moskow. (ANTARA/HO-KBRI MOSKOW)

Bandarlampung (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow bekerjasama dengan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) menggelar acara final pemilihan Putra-Putri Permira 2023 (PPP 2023) bertema “Embracing the ASEAN Spirit through Indonesian Heritage among Youth in Russia”.

Dalam rilis KBRI Moskow diterima di Bandarlampung, Selasa, disebutkan kegiatan tersebut dilaksanakan di KBRI Moskow, pada Minggu (30/7).

Khairi Wiryawan, mahasiswa asal Medan yang tengah kuliah di jurusan Software Engineering di Tomsk State University, bersama Diah Pitaloka Margareta, mahasiswa asal Semarang yang sedang studi Advertising and Public Relations di National Research Tomsk State University, dinobatkan sebagai Putra Putri Permira 2023 (PPP 2023).

Sedangkan runner up PPP 2023 terpilih Rangga Allfattah (mahasiswa Astrakhan States University, Astrakhan) dan Zakiah Zahra Arisona (mahasiswi Ural Federal University, Yekaterinburg).

Sesuai penilaian tim, para peserta, dan netizen, Vino Simanungkalit (mahasiswa Southern Federal University, Rostov on Don) dan Samrina Wulanda Putri (mahasiswi Kazan National Research Technical University named after A. N. Tupolev, Kazan) dinobatkan sebagai Best Content Creator; sedangkan Muhammad Ichda Prasetya Nur (mahasiswa St. Petersburg State University of Architecture and Civil Engineering, St. Petersburg) dan Shilvana Sauma Alhanda (mahasiswi Nizhny Novgorod State National Research University NI Lobachevsky, Nizhny Novgorod) dinobatkan sebagai Putra-Putri Persahabatan Permira 2023.

Vino Simanungkalit dan Shilvana Sauma Alhanda juga terpilih sebagai Putra Putri Permira Terfavorit 2023.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Belarus, Jose Tavares, menyambut baik acara PPP 2023 ini dan menilai penting kegiatan tersebut karena dalam rangka membangun rasa percaya diri peserta serta menjadi ajang mahasiswa berorganisasi.

“Bagi saya, semua peserta adalah pemenang. KBRI Moskow senantiasa mendukung berbagai kegiatan positif Permira karena merupakan ajang aktualiasi diri dalam kepemimpinan dan berorganisasi mahasiswa serta sebagai upaya turut mensosialisasikan citra positif Indonesia kepada masyarakat Rusia,” ujar Dubes Jose Tavares dalam sambutannya.

Dubes Jose Tavares memesankan juga agar para mahasiswa di tengah kesibukan melakukan berbagai kegiatan dan bersosialisasi dengan lingkungan, mahasiswa tidak boleh melupakan untuk belajar.

“Adik-adik agar tetap memprioritaskan belajar dan tugas perkuliahan agar dapat selesai studinya di Rusia dengan sebaik-baiknya dan sesuai waktunya dan selanjutnya kembali ke Tanah Air Indonesia," kata dia.

Pemenang dan finalis PPP 2023 mendapatkan piala, sertifikat dan bantuan biaya pendidikan yang diserahkan langsung oleh Dubes RI Moskow.

“Saya sangat bangga dan senang terpilih sebagai Putra PERMIRA 2023. Ini tentu menjadi pengalaman berharga yang akan memacu saya berkreasi lebih lanjut demi ikut mempromosikan pariwisata dan sosial budaya Inodnesia di Rusia,” ujar Khairi Wiryawan.

Komentar senada juga diungkap Diah Pitaloka Margareta yang tidak menyangka dapat terpilih sebagai Putri Permira 2023. “Semoga saya tidak akan mengecewakan teman-teman Permira dan Pimpinan di KBRI Moskow dalam menjalankan amanah yang diberikan sebagai Putri Permira 2023.