Pemprov Babel-Pertamina sidak LPG bersubsidi di Belitung

id Pertamina ,sidak LPG subsidi

Pemprov Babel-Pertamina sidak LPG bersubsidi di Belitung

Petugas dari Disperidag Provinsi Kepulauan Babel bersama Pertamina Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel saat melakukan sidak di pangkalan LPG subsidi di Belitung, Selasa (1/8/2023) (Humas Pertamina)

Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melakukan inspeksi mendadak (sidak) LPG bersubsidi di Kabupaten Belitung untuk memastikan ketersediaan komoditas tersebut di daerah itu.

"Alhamdulillah, stok LPG bersubsidi di sejumlah pangkalan di Belitung masih aman," kata Sub Koordinator Perlindungan Konsumen Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Zurita dalam keterangan pers yang diterima  di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menyatakan sidak LPG bersubsidi bersama Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel itu sebagai langkah pemerintah provinsi dalam memastikan ketersediaan stok dan penyaluran gas bersubsidi  tepat sasaran kepada masyarakat kurang mampu.

"Sejauh ini kondisi di lapangan stok tetap tersedia dan antrean masyarakat untuk memperoleh LPG bersubsidi di pangkalan berjalan kondusif," ujarnya.

Ia mengatakan beberapa pangkalan LPG bersubsidi yang telah disidak di antaranya Pangkalan Ermi di Kelurahan Lesung Batang, Pangkalan Haryandi di Kelurahan Kota Kabupaten Belitung.

"Kami berharap masyarakat khususnya di Kota Tanjung Pandan Belitung ini dapat membeli LPG tiga kilogram sesuai kebutuhan dan juga diharapkan kesadaran masyarakat bahwa LPG bersubsidi ini hanya untuk masyarakat kurang mampu," katanya.

Sales Area Manager Retail Babel Adeka Sangtraga Hitapriya mengatakan Pertamina terus memastikan stok LPG tersedia mencukupi di pangkalan resmi Pertamina, sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk membeli LPG di pangkalan resmi yang sudah terjamin harganya. Kenaikan harga LPG di atas HET terjadi di pengecer dan bukan distributor resmi LPG Pertamina," katanya.



Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pendistribusian LPG bersubsidi agar  benar-benar digunakan oleh masyarakat yang berhak.

"Jika menemukan indikasi kecurangan masyarakat dapat segera melaporkan kepada aparat penegak hukum, atau melalui Pertamina Call Center (PCC) 135," katanya. 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Babel - Pertamina sidak LPG bersubsidi di Belitung