Peringati Hari Lanjut Usia, LKC Dompet Dhuafa Jawa Timur-Pemkab Gresik gelar fashion show

id Dompet Dhuafa Jawa Timur, Hari Lanjut Usia Nasional

Peringati Hari Lanjut Usia, LKC Dompet Dhuafa Jawa Timur-Pemkab Gresik gelar fashion show

Peringati Hari Lanjut Usia, LKC Dompet Dhuafa Jawa Timur bersama Pemkab Gresik gelar Fashion Show. Foto Antara/HO-DOMPET DHUAFA.

Bahwasanya para lansia adalah orang-orang yang bisa berkontribusi untuk masyarakat, bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat, kami siap mendampingi para lansia untuk menjadi lansia yang sehat, bahagia, sejahtera dan bermartabat, ujar Nurul
Gresik (ANTARA) - Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa Jawa Timur bersama dengan Pemerintah Kabupaten Gresik memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Gresik, Jawa timur, Rabu, 31 Mei 2023. Peringatan ini dihadiri oleh dr. Astrina Yulda, Senior Advisor Lansia Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa, Nurul Haromani Ahmad Yani,  SI.Kom, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, dr. Muhibatul Khusna, M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dan Deni Setiawan, Kepala LKC Dompet Dhuafa Jawa Timur.

Perayaan HLUN 2023 di Kabupaten Gresik terdapat beberapa rangkaian kegiatan, seperti senam pagi, festival Usaha Mikro kecil Menengah (UMKM), pemeriksaan kesehatan untuk para lansia, pentas seni lansia, pembacaan puisi oleh lansia, fashion show dan penampilan seni lainnya dengan penampil-penampil yang semua berasal dari lansia.

"Bahwasanya para lansia adalah orang-orang yang bisa berkontribusi untuk masyarakat, bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat, kami siap mendampingi para lansia untuk menjadi lansia yang sehat, bahagia, sejahtera dan bermartabat,” ujar Nurul.

Terselenggaranya kegiatan ini tidak lepas dari kolaborasi Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa Jawa Timur yang berkomitmen penuh terhadap kesehatan lansia bersama dengan Pemerintah Kabupaten Gresik. Deni Setiawan menjelaskan komitmen LKC Dompet Dhuafa Jawa Timur terhadap kesehatan lansia bisa dilihat dari program-program yang sudah dicanangkan oleh LKC DD Jatim.

“LKC-DD Jatim memiliki Program Pos Sehat Lansia yang berada di Pujon dan Singolangu serta Program Kawasan Sehat, kami juga berkomitmen untuk mensukseskan pelaksanaan skrining kesehatan lansia di hari puncak HLUN hari ini. Kami berkomitmen untuk selalu mendampingi dari awal skrining sampai pasca skrining, yaitu berkolaborasi dengan puskesmas setempat, ketika ada permasalahan kesehatan pada lansia kita langsung rujuk ke puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lebih lanjut,” tutur Deni.

Pada skrining kesehatan lansia di peringatan HLUN kali ini, semua tim yang turun merupakan kader AoC atau (Agent Of Change) yang sebelumnya sudah diberikan pembekalan pada pelatihan AoC untuk dapat melakukan berbagai jenis skrining. 

Dijelaskan oleh dr. Astrina Yulda pada pembekalan Agent of Change materi yang diberikan adalah seputar frail. "Jangan hanya lansia itu apa dan jumlahnya berapa, tapi kita belajar bagaimana frail ini menjadi topik yang dipikirkan,” tutur dr. Asrtina.

“Kita bukan hanya memeriksakan kesehatan lansia, tapi juga harus menggolongkan lansia ke 3 tipe, untuk mencegah lansia-lansia yang masih mampu, masih hebat dan berdaya guna itu tidak jatuh menjadi lansia yang tua renta,” jelas dr. Astrina.

TENTANG DOMPET DHUAFA
 
Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.