Survei : Elektabilitas Prabowo libas Ganjar Pranowo

id Elektabilitas Prabowo Subianto,Ganjar Pranowo,Survei elektabilitas

Survei : Elektabilitas Prabowo libas Ganjar Pranowo

Tangkapan layar hasil survei Voxpopuli Research Center terkait elektabilitas calon presiden diterima di Jakarta, Senin (10/4/2023). ANTARA/HO-Voxpopuli Research Center

Jakarta (ANTARA) - Hasil survei Voxpopuli Research Center menunjukkan elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mencapai 23,3 persen, atau unggul daripada Ganjar Pranowo (22,5 persen) dan Anies Baswedan (18,2 persen).

"Prabowo unggul melawan Ganjar dalam bursa capres, dan keduanya meninggalkan Anies di posisi tiga besar," ucap peneliti senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Prijo, elektabilitas Prabowo yang lebih unggul daripada Ganjar mengindikasikan terjadinya pergeseran dukungan dari pemilih loyalis Jokowi.

Prabowo juga kerap mendampingi Jokowi pada kunjungan ke sejumlah daerah, hingga pujian yang dilontarkan kepada Jokowi.

"Endorsement Jokowi terhadap Prabowo tampak menguat," kata Prijo.
 
Di luar dinamika antara Prabowo, Ganjar, dan Anies, bursa capres masih diisi oleh nama-nama seperti Ridwan Kamil (5,5 persen), Sandiaga Uno (4,3 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (4,1 persen).

Berikutnya Puan Maharani (3,6 persen), Erick Thohir (3,3 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (2,6 persen). Lalu ada Airlangga Hartarto (1,5 persen), Mahfud MD (1,2 persen), Yenny Wahid (1,1 persen), dan Andika Perkasa (1,0 persen).