Dompet Dhuafa Yogyakarta bersama BMT Kybar Tani Mandiri salurkan ratusan paket zakat fitrah

id Dompet Dhuafa Yogyakarta, BMT Kybar Tani Mandiri, paket zakat fitrah

Dompet Dhuafa Yogyakarta bersama BMT Kybar Tani Mandiri salurkan ratusan paket zakat fitrah

Dompet Dhuafa Yogyakarta bersama BMT Kybar Tani Mandiri salurkan ratusan paket zakat fitrah. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Bantul (ANTARA) - Sebanyak 250 paket zakat fitrah beserta paket lauk pauk tersalurkan untuk masyarakat dhuafa di Pandeyan, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Minggu (02/4/2023). Penyaluran ini berkolaborasi dengan  Dompet Dhuafa dan mitra pengelola zakat BMT Kybar Tani Mandiri Yogyakarta.


"Terimakasih kepada Dompet Dhuafa dan para donatur sekalian, ini menjadi momentum pertama bagi kami menyalurkan zakat fitrah. Karena biasanya zakat dibayarkan menjelang lebaran, atau akhir Ramadhan. Semoga dengan pentasyarufan lebih awal ini dapat lebih bermanfaat untuk masyarakat yang menerima," ujar Sutikno dari BMT Kybar Tani Mandiri, belum lama ini.

Sutikno menyebutkan, kebiasaan orang membayar zakat adalah di akhir waktu Ramadhan. Padahal jika melihat kondisi ekonomi masyarakat di sekitar, zakat di awal waktu akan lebih berarti.

Sehingga beliau menyebutkan dengan pentasyarufan di sepuluh hari pertama ini dapat menjadi contoh untuk yang lain jika membayar zakat diawal, dan memiliki keutamaan lebih. 

“ini dapat menjadi contoh pada yang lain jika membayar zakat fitrah di awal waktu juga bisa,” lanjutnya. 

Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap insan Muslim di  seluruh dunia pada bulan Ramadhan. Pada hari ini, menjadi pentasyarufan amanah zakat fitrah yang pertama dari para donatur zakat fitrah Dompet Dhufa Jogja selama bulan Ramadhan. 

“ Alhamdulillah, kita masih dipertemukan dengan bulan keberkahan yaitu bulan Ramadhan ini. Hari ini merupakan penyaluran amanah zakat fitrah pertama selama ramadan, semoga bermanfaat  dan membawa keberkahan untuk bapak ibu semuanya nantinya,”  ujar Muhammad Zahron selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa pada sambutanya.

Dari zakat fitrah yang telah tersalur, harapanya dapat membawa kebermanfaatan bagi penerima manfaat dan membawa keberkahan bagi yang menunaikan zakat fitrah. 


“Terimkasih Dompet Dhuafa jogja dan BMT Kybar Tani mandiri, semoga sukses selalu dan dapat menebar kebermanfaatan yang lebih luas lagi, nggak hanya di Piyungan,” ujar salah satu penerima manfaat sesaat setelah menerima paket zakat fitrah dan lauk pauk dari para relawan yang bertugas. 


TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.