IPSI Lampung seleksi atlet porprov untuk Pra PON

id atlet pon, ipsi lampung, seleksi atlet pon, pra pon

IPSI Lampung seleksi atlet porprov untuk Pra PON

IPSI Lampung seleksi atlet Porprov untuk Pra PON. ANTARA/HO.

Seleksi yang dilakukan sesuai dengan program kerja IPSI.
Bandarlampung (ANTARA) - Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Provinsi Lampung menggelar seleksi atlet hasil dari Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung 2022 lalu, untuk menghadapi babak kualifikasi atau prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON).

"Seleksi yang dilakukan sesuai dengan program kerja IPSI. Meski para atlet yang mengikuti seleksi adalah para juara dan peraih medali di Porprov Lampung IX/2022 lalu. Hal itu dilakukan agar pesilat yang tampil di Pra PON dan kejurnas nanti adalah atlet-atlet terbaik yang benar-benar siap untuk bertanding," kata Sekretaris Umum IPSI Lampung Riagus Ria, di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan seleksi berlangsung di Padepokan Pencak Silat IPSI Lampung Pahoman, Bandarlampung.

Menurutnya, ada tiga kategori atau tim dalam seleksi, yaitu para peraih medali emas porprov di tim A. 

Kemudian di tim B adalah peraih medali perak atau juara kedua porprov, sedangkan tim C hasil pemantauan, baik dalam pelaksanaan porprov maupun kejuaraan daerah lainnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, seleksi yang berlangsung satu hari tersebut, menggunakan sistem sirkuit dan poin dimana para atlet bertanding saling bertemu, sehingga hasil yang mereka harapkan benar-benar terbaik. Bukan itu saja, atlet yang bertanding di porprov saling mengalahkan, akan kembali saling mengalahkan di seleksi kali ini.

"Para atlet tersebut berasal dari kabupaten/kota. Ada satu kesepakatan kami Pengprov IPSI Lampung. Kabupaten/kota terbanyak meloloskan atletnya, maka pelatihnya akan kami masukkan dalam tim. Harapannya mereka bisa lebih membantu dalam persiapan tim menghadapi Pra-PON dan PON," ujar Riagus.

Pada seleksi kali ini diikuti puluhan atlet, berasal dari IPSI Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat, Lampung Tengah, Lampung Utara, Pringsewu, dan Tanggamus. Selanjutnya atlet masuk tim inti menjadi tanggung jawab KONI dalam pembinaan. 
Baca juga: Pencak silat Porprov pertandingkan 181 partai
Baca juga: Bobby Irawan terpilih jadi Ketua IPSI Bandarlampung