Masjid Raya Bakauheni segera diresmikan besok

id Bakauheni harbour city, peresmian masjid raya Bakauheni, pariwisata Lampung

Masjid Raya Bakauheni segera diresmikan besok

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bobby Irawan saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengatakan bahwa Masjid Raya Bakauheni direncanakan segera diresmikan esok hari guna mendukung wisata religi di daerahnya.

"Besok siang direncanakan akan ada peresmian Masjid Raya Bakauheni yang dilakukan bersama dengan ASDP dan Menteri BUMN," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bobby Irawan, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan sebelumnya Masjid Raya Bakauheni tersebut dijadwalkan untuk diresmikan pada Januari lalu, namun ada sejumlah perubahan jadwal.

"Pembangunan sudah 100 persen, dan siang ini akan dibahas mengenai teknis pelaksanaan peresmian besok," katanya.

Dia menjelaskan peresmian Masjid Raya Bakauheni yang merupakan bagian dari proyek strategis nasional Bakauheni Harbour City itu telah siap digunakan untuk beribadah oleh masyarakat.

"Untuk progres Karakatau Theme Park akan dilakukan softlaunching pada April mendatang untuk menangkap momen libur Lebaran, sedangkan Creative Hub pembangunannya sudah selesai juga," ucapnya.

Ia melanjutkan untuk UMKM Center proses pembangunan masih berlangsung, dan pelaksanaan perbaikan Menara Siger sudah mencapai 90 persen.

"Jadi pembangunan Bakauheni Harbour City ini selain untuk menangkap peluang pariwisata, juga pembangunannya berbasis budaya, serta meningkatkan ekonomi kerakyatan," tambahnya.

Diketahui Masjid Raya Bakauheni mampu menampung sekitar 2.000 jamaah dan dibangun dengan nilai proyek Rp38 miliar dari dana wakaf dari masyarakat.

Proyek pembangunan Masjid Raya Bakauheni ini merupakan tahap pertama dari keseluruhan tiga tahap pembangunan kawasan terintegrasi Kota Mandiri Bakauheni Harbour City.