Lampung gelar aksi bersih pantai

id Aksi bersih sampah, hari sampah nasional, sampah Lampung, kurangi sampah

Lampung gelar aksi bersih pantai

Aksi bersih sampah di kawasan pantai memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di Lampung. ANTARA/HO-Pemprov Lampung

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar aksi membersihkan  Pantai Payang Panjang Sukaraja Bandarlampung dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023.

"Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap 21 Februari, dan hari ini bertempat di Pantai Payang Panjang Sukaraja dilakukan kegiatan bersih-bersih sampah. Sebagai bentuk kepedulian akan menjaga lingkungan," ujar Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan dengan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ini, diharapkan dapat meningkatkan upaya menuntaskan persoalan sampah yang terjadi saat ini.

"Dalam pengelolaan sampah bukan hanya fokus ke pengelolaan sampah terintegrasi saja, namun dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan dan ekosistem guna mengendalikan perubahan iklim melalui penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah," katanya.
 


Dia menjelaskan Pemerintah Provinsi Lampung terus mendorong tumbuhnya bank sampah sebagai motor penggerak utama penerapan konsep reduce, reuse, recycle (3R) di daerahnya.

"Saat ini banyak inovasi yang dikembangkan oleh pemerintah, perguruan tinggi, komunitas penggiat sampah maupun perseorangan dalam mendorong terlaksananya zero waste, dan zero emission. Selain itu upaya penuntasan sampah dapat menjadi peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan," ucap dia.

Ia mengharapkan pengelolaan sampah yang baik dapat menjadi salah satu lapangan kerja baru yang mendorong perekonomian masyarakat.

"Upaya penuntasan tersebut sekaligus sebagai peluang untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sesuai dengan potensi nilai ekonomi yang dimiliki oleh sampah. Kami juga berharap masyarakat dapat memahami dan mengaplikasikan 3R di kehidupan sehari-hari," lanjutnya.
 


Selanjutnya ia berharap kegiatan memilah, menggunakan ulang, dan mengurangi sampah terus ditumbuhkan di daerahnya, dengan melaksanakan kegiatan membersihkan sampah secara rutin untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Kegiatan pilah sampah dan 3R perlu terus diperbanyak. Lalu kegiatan produktif berupa membuat pupuk kompos, budidaya maggot, pembuatan ecoenzym, ecobrick, mendaur ulang sampah menjadi tas dan lain-lain harus terus didorong," ujarnya lagi.

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional itu juga diserahkan sejumlah bantuan alat kebersihan berupa tempat sampah, jaring perangkap sampah laut dari sejumlah perusahaan di Lampung sebagai bentuk kepedulian.
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lampung gelar aksi bersih pantai peringati hari sampah nasional