Karomani arahkan anak dokter untuk masuk fakultas kedokteran jalur mandiri

id Sidang suap unila, sidang kpk, sidang suap karomani, sidang karomani

Karomani arahkan anak dokter untuk masuk fakultas kedokteran jalur mandiri

Saksi Dr Evi Kurniawati saat menjelaskan keterangan saksinya terkait konsultasi kepada terdakwa Karomani agar anaknya dapat masuk fakultas kedokteran. (Antaralampung/Damiri)

Bandarlampung (ANTARA) - Terdakwa Prof Dr Karomani mengarahkan anak seorang dokter untuk masuk Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila) melalui jalur mandiri.

Hal tersebut diungkapkan oleh saksi Evi Kurniawati selaku dosen fakultas kedokteran saat memberikan keterangannya dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tanjungkarang Kelas IA Bandarlampung, Selasa.

Dalam keterangannya, saksi yang juga merupakan seorang Kepala Poli Klinik Unila menjelaskan bermula saat anaknya bernama FRA ingin masuk fakultas kedokteran di Unila.

Saat itu pada bulan Februari, dirinya menemui terdakwa Karomani untuk konsultasi anaknya agar masuk di Fakultas Kedokteran Unila.

"Saya konsultasi dengan Karomani jauh-jauh hari, yakni bulan Februari 2022, beliau bilang masuk mandiri saja atau SBMPTN," katanya.

Dia melanjutkan, saat tiba ujian dirinya kembali menghubungi terdakwa untuk meminta kejelasan apakah bisa menolong anaknya masuk di fakultas kedokteran.

Melalui pesan WhatsApp, terdakwa Karomani mengatakan kepada saksi Evi agar anaknya belajar saja dan terdakwa sambil meminta nomor ujian milik anak saksi.

"Pas ujian saya WA Karomani saya bilang bagaimana pak bisa di tolong anak saya terus katanya ya sudah belajar aja. Karomani juga mengatakan saya minta nomor ujiannya kemudian saya kirimkan melalui WA," kata dia.

Tidak lama setelah ujian, lanjut saksi, kemudian anaknya dapat lulus tes fakultas kedokteran. Terdakwa Karomani kemudian menghubungi saksi dan mengatakan bahwr anaknya diterima.

"Saya bilang terimakasih," kata dia lagi.

Saksi menambahkan, setelah seminggu dari kelulusan, kemudian Budi Sutomo berobat di Poli Klinik Unila. Budi Sutomo yang berobat dengan saksi sambil mengatakan bahwa saksi dicari oleh rektor (Karomani).

"Saya tidak tahu kenapa dicari. Besoknya saya temui rektor, dan Karomani bilang dia minta dibelikan mebeler untuk gedung NU, sebesar Rp100 juta,"] katanya.

Setelah bernegosiasi bahwa saksi hanya memiliki uang sebesar Rp20 juta, kemudian saksi minta waktu untuk mencarikan uang sebesar Rp100 juta. Saksi juga mengatakan kepada terdakwa Karomani bahwa jika sudah ada uangnya agar disetorkan kemana?.

"Saya bilang nanti ada uangnya saya kasih ke siapa? katanya ke Budi Sutomo. Setelah tiga minggu setelah pengumuman uang saya serahkan ke ruangan Budi," katanya lagi.