Jakhumfest ajak publik melukis dan menyulam

id Jakhumfest, melukis dan menyulam, Dompet Dhuafa

Jakhumfest ajak publik melukis dan menyulam

Jakhumfest ajak publik melukis dan menyulam. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa.

Bisa akhirnya kita mencoba healing ya dengan cara melukis dan menyenangkan sekali.
Jakarta (ANTARA) - Dompet Dhuafa bersama Seratan Studio menggelar lokakarya pelatihan kerajinan seni melukis dan menyulam pada acara Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest) 2023, Minggu (29/1), di Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Sebanyak 25 peserta yang merupakan para pengunjung Jakhumfest mengikuti lokakarya sesi melukis. Sedangkan 25 lainnya mengikuti sesi menyulam. Pemateri lokakarya ini Deya Ayu, pendiri Seratan Studio.

Deya Ayu mengaku senang dapat menularkan ilmunya kepada para pengunjung Jakhumfest. Dia ingin semakin banyak masyarakat mampu mengadopsi ilmunya serta menularkan kembali kepada yang lain.

Sementara itu, Ferina selaku Tim Kreatif Seratan menjelaskan, Seratan dan Dompet Dhuafa mengadakan stand kreativitas ini untuk memperkenalkan pameran produk-produk Seratan. Ada ikan celup, ada baju, ada tootbag, dan lainnya. 

"Kami berharap dengan workshop ini, para pengunjung yang hadir tertarik untuk menjadi masyarakat yang kreatif dan bisa mengajarkan juga kepada yang lainnya," ujarnya pula.

Harapannya, pelatihan ini dapat menarik minat anak-anak muda generasi milenial dan gen Z. Selanjutnya, mereka dapat mengembangkan ilmu ini menjadi suvenir hingga kerajinan lainnya.

“Dompet Dhuafa berharap, pelatihan hari ini mudah-mudahan bisa disosialisasikan ke masyarakat sekitarnya, terutama untuk anak-anak milenial karena bahannya mudah didapat dan alami," tukas Fajar Firmansyah selaku Koordinator Dompet Dhuafa Volunteer. 

Salah seorang peserta lokakarya, Sarah Margareth dari Jakarta mengatakan, keahlian ini dapat sangat bermanfaat untuk mengajarkan anak-anak kecil yang gemar dengan kerajinan tangan. Apalagi jika diajarkan kepada adik-adik pada komunitas-komunitas masyarakat kecil seperti Taman Baca Masyarakat (TBM) dan lainnya. 

"Thank you banget buat Dompet Dhuafa dan Seratan udah ngadain workshop ini. Kita bener-bener happy banget. Bisa akhirnya kita mencoba healing ya dengan cara melukis dan menyenangkan sekali. Hal simpel, tapi menurut saya ini sangat positif banget sih," kata Sarah Margareth dari Jakarta.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. 
Baca juga: JAKHUMFEST siap bangkitkan peduli insan muda
Baca juga: JAKHUMFEST hadirkan musisi nasional, hiburan, dan aksi sosial