Arinal minta BUMDes diaktifkan kembali

id BUMDes Lampung, ekonomi Lampung, ekonomi desa, gubernur Lampung

Arinal minta BUMDes diaktifkan kembali

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberi sambutan dalam acara penghargaan KPB. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta kepada kepala daerah untuk mengaktifkan kembali BUMDes yang ada di daerahnya.

"Dalam meningkatkan ekonomi terutama di desa BUMDes juga berperan penting," ujar Arinal Djunaidi dalam acara penghargaan KPB, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan, untuk itu maka perlu kembali diaktifkan peranan BUMDes untuk peningkatan perekonomian desa di seluruh Lampung.

"BUMDes yang berfungsi ini akan menjadi standar ukur bagi saya kepada kepala daerah yang dianggap kreatif, inovatif, instruksinya dijalankan dengan baik," katanya.

Menurut dia, untuk menjaga dan kembali mengaktifkan BUMDes yang ada di daerah maka pemerintah kabupaten dapat mengintegrasikan penerapan beberapa program yang telah dibentuk oleh pemerintah provinsi.

"Tahun depan diharapkan semua bisa menerapkan teknologi informasi sampai desa, dan kita ada program E-KPB, E-Samdes, dan smart village ini harus dimanfaatkan," ucap dia.

Dia melanjutkan, dengan aktifnya BUMDes yang terintegrasi dengan program pemerintah daerah diharapkan dapat membentuk ekosistem ekonomi desa yang baik dan terarah.

"Kita harus terus bekerja tidak boleh berhenti sebab rakyat memerlukan kebijakan yang membantu mereka. Banyaknya tugas yang diemban kepala daerah diharapkan jangan sampai melupakan program yang memang langsung menyentuh masyarakat untuk mendukung kesejahteraan masyarakat," katanya.