Wagub: Afirmasi perempuan di berbagai sektor harus ditingkatkan

id Afirmasi perempuan Lampung, kesetaraan gender, perempuan berkarier, Wagub Lampung

Wagub: Afirmasi perempuan di berbagai sektor harus ditingkatkan

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim saat memberi sambutan dalam Seminar Perempuan Berkarier. Bandarlampung, Senin (5/12/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengatakan afirmasi perempuan di berbagai sektor di wilayahnya harus kembali ditingkatkan.

"Peningkatan afirmasi perempuan di beragam sektor ini harus terus ditingkatkan, salah satunya di Lampung," ujar Chusnunia Chalim saat menghadiri Seminar Perempuan Berkarier di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan adanya peningkatan afirmasi perempuan di berbagai sektor tersebut, dilakukan sebagai upaya memberikan kesempatan kepada perempuan untuk berperan dalam pembangunan di daerah.

"Selama ini afirmasi perempuan yang sudah dibentuk dalam regulasi baru di partai politik. Lalu untuk di BUMN juga sudah mulai memberikan ruang agar wanita bisa menjadi direksi. Sektor lain harus mulai melakukan ini juga utamanya disini," katanya.

Dia menjelaskan, saat ini pemberian ruang dan kesempatan bagi perempuan untuk berkarya belum meluas salah satunya di lembaga pemerintahan.

"Meski sudah ada beberapa sektor yang melakukan afirmasi perempuan tapi untuk lembaga pemerintahan belum terlalu signifikan. Sehingga para birokrat atau ASN perempuan harus memperjuangkan ini dan berani bersuara juga, selain itu untuk sektor swasta juga harus dilakukan," ucap dia.

Menurut dia, dengan adanya afirmasi perempuan di berbagai sektor diharapkan kesenjangan peran dalam berkarier berdasarkan gender dapat segera teratasi.

"Harapannya melalui afirmasi perempuan beragam kesenjangan gender dapat teratasi. Jadi kesempatan berkarier juga setara. Sehingga perempuan juga bisa memberikan sumbangsih ide, karya mereka untuk kemajuan daerah," ujarnya.