Kualitas dan afirmasi politik penting bagi perempuan

id Indeks kesetaraan gender, keterwakilan perempuan, partisipasi perempuan politik, wagub lampung

Kualitas dan afirmasi politik penting bagi perempuan

Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim saat memberi keterangan terkait keterwakilan perempuan Lampung di politik. Bandarlampung, Senin (21/8/2023). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim mengatakan bahwa kualitas dan afirmasi penting untuk meningkatkan partisipasi perempuan di daerahnya di dunia politik.

"Indeks kesetaraan gender ini penting ditingkatkan dalam setiap aspek, salah satunya dalam konteks perjuangan politik perempuan," ujar Chusnunia Chalim di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan, dalam memaksimalkan peran perempuan dalam dunia politik, dibutuhkan dua hal, yakni afirmasi dari peraturan serta komitmen partai politik. Lalu perlu pula peningkatan kualitas perempuan politik agar partisipasi makin meningkat.

"Yang dibutuhkan oleh perempuan dalam dunia politik pertama adalah afirmasi berupa peraturan, komitmen partai politik. Lalu secara sistemnya pemilu di Indonesia terbuka, sehingga ini menjadi kesempatan serta tantangan bagi perempuan," katanya.



Dia melanjutkan, selain memperhatikan tingkat kuantitatif partisipasi perempuan di dunia politik, maka kualitasnya pun perlu ditingkatkan agar memiliki daya saing yang mumpuni.

"Perempuan tidak boleh hanya bersembunyi dibalik identitas serta perlindungannya sebagai perempuan, tetapi kualitasnya juga harus maksimal ditambah dengan dukungan afirmasi. Kalau keduanya seimbang maka ketua partai kalau hendak menyokong akan lebih mudah," ucapnya.

Menurut dia, dengan terpenuhinya kedua hal tersebut maka kesempatan perempuan masuk dunia politik akan jauh lebih terbuka dan adil.



"Lembaga-lembaga yang mendukung kepesertaan perempuan dalam politik memainkan peran penting juga dalam meningkatkan kemampuan dan kualitas politisi perempuan melalui dibukanya forum serta ruang khusus dalam peningkatan kapabilitas," tambahnya.

Dia mengharapkan dorongan kesempatan dan peran strategis perempuan dalam politik untuk perempuan di daerahnya semakin terbuka luas, sehingga kesetaraan dapat terus terjadi.

"Harapannya kesempatan dan peran perempuan dalam politik semakin terbuka, sehingga partisipasinya makin banyak dan kualitasnya meningkat pula," ucap dia lagi.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wagub Lampung: Kualitas dan afirmasi politik penting bagi perempuan