Kodim 0429 Lampung Timur panen jagung program TNI AD

id Kodim 0429/Lamtim,Jagung,panen jagung tni

Kodim 0429 Lampung Timur panen jagung program TNI AD

Kodim 0429 Lampung Timur panen jagung program TNI AD. ANTARA/HO-Kodim 0429 Lampung Timur

Program ketahanan pangan digalakkan oleh TNI AD. Lahan kosong dijadikan lahan produktif.
Lampung Timur (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0429 Lampung Timur panen raya jagung program ketahanan pangan TNI Angkatan Darat. 

Rilis Penerangan Kodim 0429 Lampung Timur menyebutkan, panen jagung ini di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Desa Negeri Tua, Kecamatan Marga Tiga, Lampung Timur, Selasa (22/11).

"Program ketahanan pangan digalakkan oleh TNI AD. Lahan kosong dijadikan lahan produktif, sehingga bisa menghasilkan tanaman pangan untuk kesejahteraan masyarakat. Ini merupakan wujud terobosan Kodim 0429/Lamtim memberikan pelayanan masyarakat guna meningkatkan ketahanan pangan terutama Jagung," kata Dandim 0429 Lampung Timur Letkol Czi Indra Puji Triwanto.

Letkol Indra Puji Triwanto menjelaskan, sebelumnya Kodim 0429 Lampung Timur melalui jajaran koramil telah melaksanakan penanaman jagung serentak. Di Kecamatan Margatiga, Koramil 429-03/Margatiga menanam jagung di lahan BPP Pertanian, dengan luas area tanam 1 hektare.

"Dan hari ini kami melaksanakan panen bersama. Di hadapan kami terlihat jagung akan kami panen. Memang tampak kurang maksimal, karena pada saat penanaman terkendala dengan cuaca dan musim tanam yang kurang tepat, tetapi alhamdulillah tanaman jagung ini masih bisa panen walaupun hasilnya kurang maksimal," katanya pula.

Indra Tri Puji menyatakan tujuan program tersebut, yaitu membantu pemerintah meningkatkan pangan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta meningkatkan perekonomian supaya ketersediaan logistik wilayah sesuai kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara.

"Penanaman jagung dengan pemanfaatan lahan tidur ini tidak cukup hanya sekali ini melainkan dilaksanakan secara terus-menerus, Saya berpesan kepada semua Danramil jajaran untuk bekerjasama dengan semua instansi terkait di wilayahnya dalam pelaksanaan program ini, agar mencapai hasil sesuai harapan," katanya pula.

"Saya berharap kepada korluh dan PPL agar selalu memberikan penyuluhan-penyuluhan dan mengedukasi para petani ini untuk bercocok tanam sesuai dengan teori yang telah diberikan agar mencapai  hasil produksi  yang maksimal," ujarnya pula.

Panen  raya itu dihadiri Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution, Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi, perwira staf kodim dan danramil jajaran, Camat Margatiga Sarminsyah SST, Kapolsek Margatiga Iptu Suryono, Ka UPTD Puskesmas Mariani, Kepala KUA Hidayat, koorlap BPP Pertanian, Kades Negeri Tua Wahyudin, para gapoktan, Ketua Persit KCK Cab LIV Ny Indra Puji beserta pengurus.

Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi mengapresiasi  program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Kodim 0429 Lampung Timur.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, kami memberikan apresiasi yang tinggi serta turut gembira, atas keberhasilan dan kesuksesan Kodim 0429/Lamtim dan koramil jajaran bersama-sama para kelompok tani dalam memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami jagung guna menyukseskan program ketahanan pangan," ujar Azwar Hadi pula.

Wakil Bupati menambahkan, terkait kelangkaan pupuk dan masih rendahnya harga komoditas pertanian khususnya jagung merupakan PR bersama.

"Ke depan akan kami sampaikan kepada pemegang kebijakan dan gubernur, agar harga hasil pertanian bisa naik, mengingat 80 persen masyarakat Lampung Timur adalah petani," ujarnya lagi.
Baca juga: Satgas TNI panen jagung bersama warga perbatasan RI-PNG