Siklus BA.4 dan BA.5 di Jawa-Bali lampaui puncak, Sumatera naik

id pandemi COVID-19, subvarian Omicron, BA.4, BA.5, Jawa-Bali, tren kasus

Siklus BA.4 dan BA.5 di Jawa-Bali  lampaui puncak, Sumatera naik

Tangkapan layar materi pemaparan Menkes RI Budi Gunadi Sadikin di Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX yang diikuti dari YouTube DPRI di Jakarta, Selasa (30/8/2022). (ANTARA/Andi Firdaus).

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengemukakan kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Pulau Jawa-Bali sudah melampaui situasi puncak dan mengalami tren penurunan dalam beberapa pekan terakhir.

"Setiap pekan kita lihat trennya, memang masih ada kenaikan kasus, tapi kenaikannya dari pekan ke pekan sudah turun," kata Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan pemaparan tentang pandemi COVID-19  dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX yang diikuti dari YouTube DPRI di Jakarta, Selasa.

Budi mengatakan tren kasus di Jawa-Bali hampir seluruhnya telah menurun. Sedangkan di luar Jawa-Bali relatif naik, tapi secara nominal lebih rendah.

"Kalimantan sudah naik duluan, tapi sekarang  trennya sudah menurun. Sulawesi dan Sumatera masih agak naik," katanyakatanya.

Tren positive rate serta keterisian rumah sakit pada pasien BA.4 dan BA.5 juga mengalami penurunan dibandingkan data pada enam pekan yang lalu, kata Budi.