Warga saksikan festival mobil hias dan parade budaya Nusantara

id Lampung,Bandarlampung,Pawai,Pemkot,Mobil hias

Warga saksikan festival mobil hias dan parade budaya Nusantara

Salah satu bentuk ktativitas masyarakat yang ditampilkan pada pawai mobil hias dan parade budaya dalam rangkaian HUT ke-340 Kota Bandarlampung, Minggu (31/7/2022). ANTARA/Dian Hadiyatna

Bagus acaranya sangat mengedukasi, terlebih bagi anak-anak yang menonton mereka bisa tahu budaya-budaya yang di Indonesia tidak hanya adat Lampung.
Bandarlampung (ANTARA) - Warga Bandarlampung antusias menyaksikan Festival Mobil Hias dan Parade Budaya Nusantara yang dihadirkan oleh pemerintah kota dalam rangkaian HUT ke-340 kota setempat.

"Kegiatan seperti ini tentunya bagus dan sudah dinanti masyarakat, apalagi kan sudah tiga tahun acara-acara seperti tidak ada karena pandemi COVID-19," kata salah satu warga Landri Saputra, di Bandarlampung, Minggu.

Menurutnya pula, pawai pembangunan yang diadakan oleh Pemkot Bandarlampung bisa dijadikan ajang memperkenalkan kebudayaan-kebudayaan Nusantara kepada generasi muda.

"Tidak itu saja, pawai pembangunan yang di dalamnya ada festival mobil hias dan parade budaya bisa menumbuhkan kreativitas masyarakat," ujarnya.

Warga Bnadarlampung lainnya, Linawati mengungkapkan bahwa kegiatan yang menampilkan berbagai budaya di Indonesia ini juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak yang ikut menonton.

"Bagus acaranya sangat mengedukasi, terlebih bagi anak-anak yang menonton mereka bisa tahu budaya-budaya yang di Indonesia tidak hanya adat Lampung," kata dia.

Namun begitu ia pun berharap ke depan akan lebih banyak lagi kebudayaan-kebudayaan Indonesia yang ditampilkan pada parade budaya.

"Ya, semoga di tahun-tahun berikutnya akan banyak lagi budaya-budaya yang ditampilkan serta masyarakat yang berpartisipasi pada parade budaya dan festival mobil hias juga semakin ramai agar lebih meriah lagi," ujarnya.

Pantauan di lokasi, kegiatan Festival Mobil Hias dan Parade Budaya dilaksanakan dan dimulai dari Tugu Adipura Kota Bandarlampung. Bermacam-macam budaya ditampilkan oleh para siswa-siswi ataupun sanggar budaya yang ada di Bandarlampung. 

Kemudian juga pada festival mobil hias sejumlah kendaraan roda empat dibentuk sedemikian rupa menampilkan sejumlah hasil pembangunan ataupun potensi khas di masing-masing kelurahan dan kecamatan ataupun organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca juga: Mobil hias meriahkan Surabaya Vaganza 2022
Baca juga: 40 Ribu Kuntum Bunga Habis Untuk Mobil Hias