Menko Kemaritiman minta kedepankan belanja produk dalam negeri

id Lagawi Fest, Gernas BBI, menko Luhut, produk lokal, IKM Lampung, cinta produk lokal

Menko Kemaritiman minta kedepankan belanja produk dalam negeri

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri Lagawi Fest. Pesawaran, Kamis (23/6/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Nanti kita akan ada aturan untuk mengedepankan produk dalam negeri dan kita harus bangga akan produk kita sendiri, ujar Luhut
Pesawaran (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta semua pihak untuk mengedepankan belanja produk dalam negeri.

"Hari ini di Lagawi Fest saya melihat suatu ide yang unik karena acara dilaksanakan di sebuah pulau dan kita lihat di sini banyak dipamerkan produk lokal daerah Lampung," ujar Luhut, di Pesawaran, Lampung, Kamis.

Ia mengatakan dengan banyaknya produk lokal yang kini makin berkembang, semua pihak diminta untuk mengedepankan produk dalam negeri untuk meningkatkan perekonomian.

"Tadi kepala daerah juga telah mengingatkan jangan kita impor barang-barang, apalagi makanan yang produksinya ada di dalam negeri, seperti singkong dan kopi," ucapnya.

Dia menjelaskan untuk menjaga eksistensi produk dalam negeri, pihaknya akan mengatur regulasi terkait.

"Nanti kita akan ada aturan untuk mengedepankan produk dalam negeri dan kita harus bangga akan produk kita sendiri," ujar Luhut.

Menurut dia, dengan pertumbuhan ekonomi dan ekspor yang bagus, inflasi yang terjaga, akan membuat Indonesia lebih baik.

"Penghematan melalui e-katalog telah dilakukan dan ini akan menciptakan lapangan kerja untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Karena UMKM ini jadi perhatian kita sesuai arahan presiden," ujar Menko Kemaritiman.

Ia melanjutkan untuk melengkapi hal tersebut perlu investasi untuk pengembangan ekonomi dan juga akan terus dijaga.

"Investasi ini akan di kelola dengan baik dan harus merawat yang sudah ada," katanya.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022