Warga Suku Tengger menggelar ritual Mendak Tirta jelang Yadnya Kasada

id yadnya kasada,mendak tirta,warga Tengger,suku Tengger,Gunung Bromo

Warga Suku Tengger menggelar ritual Mendak Tirta jelang Yadnya Kasada

Warga Tengger menggelar ritual Mendak Tirta jelang Yadnya Kasada di Kabupaten Probolinggo, Senin (13/6/2022). ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo

Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Warga Suku Tengger melakukan ritual Mendak Tirta (pengambilan air suci) di Air Terjun Madakaripura di Desa Negororejo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, pada Senin, menjelang perayaan Yadnya Kasada tahun 1944 Saka.

Kegiatan tersebut dihadiri Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko bersama Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

"Air suci yang diambil dari empat sumber mata air berbeda itu nantinya dikirab dan dibawa ke Pura Luhur Poten di kaki Gunung Bromo untuk digunakan sebagai kelengkapan upacara Yadnya Kasada," kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo Bambang Suprapto di kabupaten setempat.

Air terjun Madakaripura yang dipercaya oleh masyarakat Tengger selaku umat Hindu sebagai salah satu tempat ritual Mendak Tirta yang dianggap keramat dan tempat tersebut merupakan tempat pertapaan Patih Gajah Mada, seorang leluhur masyarakat Tengger dan dikenal sebagai penguasa nusantara di zaman Kerajaan Majapahit.
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Warga Suku Tengger gelar ritual Mendak Tirta jelang Yadnya Kasada