Pemkot Bandarlampung sediakan tes antigen gratis bagi pengunjung bioskop

id Lampung,Bandarpampung,Pemkot,Antigen gratis

Pemkot Bandarlampung sediakan tes antigen gratis bagi pengunjung bioskop

Pengunjung bioskop sedang dites antigen oleh tenaga kesehatan sebelum memasuki ruangan. Jumat, Bandarlampung, (4/3/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung, menyediakan pelayanan tes cepat antigen gratis bagi pengunjung mal yang ingin menonton di bioskop sebelum memasuki ruangan.

"Tes antigen gratis ke pengunjung bioskop baru dilaksanakan hari ini sesuai dengan perintah Wali Kota Bandarlampung, guna pencegahan penularan COVID-19," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Desti Mega Putri, dihubungi, di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya, pemeriksaan antigen kepada pengunjung bioskop tersebut digunakan sebagai upaya penapisan kasus COVID-19 dan juga bentuk pelayanan Pemkot Bandarlampung ke masyarakat.

"Intinya pemerintah ingin melindungi warganya dari infeksi COVID-19 maka dilakukan tes antigen sebelum masuk bioskop. Karena Wali Kota Eva Dwiana mengingatkan agar yang masuk ke dalam bioskop harus benar-benar dalam keadaan sehat," katanya.

Ia menyebutkan bahwa sejauh ini tim kesehatan telah di tempatkan di empat lokasi mal yang di dalamnya terdapat bioskop yakni di Transmart, Ciplaz, Mal Boemi Kedaton dan Mal Kartini.

"Kalau sampai kapannya tes antigen gratis ini dilakukan ke pengunjung bioskop kami belum tau, tergantung nanti instruksi dari pimpinan," katanya.

Desti mengatakan bahwa apabila nanti ada pengunjung yang terpapar COVID-19, maka mereka akan segera diminta untuk pulang ke rumahnya.

"Kalau ditemukan reaktif kita minta mereka untuk pulang, dan nanti akan dipantau oleh puskesmas yang dekat rumahnya," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana, memperbolehkan bioskop buka dengan kapasitas terbatas yakni 50 persen dari ruangan serta menerapkan aplikasi PeduliLindungi.