Sekda Lampung sebut pelatihan komcad ASN bersifat sukarela

id Pelatihan komcad, Pemprov Lampung, ASN lampung,komponen cadangan

Sekda Lampung sebut pelatihan komcad ASN bersifat sukarela

Dokumentasi- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Fahrizal Darminto. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

tetapi berbeda dengan wajib militer karena ini bersifat sukarela.
Bandarlampung (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan bahwa adanya pelatihan komponen cadangan (komcad) bagi aparatur sipil negara (ASN) bersifat sukarela.

"Komponen cadangan ini merupakan amanat undang-undang semua ditanggung negara, tetapi berbeda dengan wajib militer karena ini bersifat sukarela," ujar Fahrizal Darminto, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan, pelatihan komponen cadangan tersebut menjadi salah satu bentuk mendisiplinkan ASN.

"Jadi komponen cadangan ini berbeda dengan wajib militer, sebab ini bentuknya hanya pelatihan. Ini juga dapat membangun rasa tanggung jawab dan disiplin bagi peserta yang ikut, salah satunya ASN," katanya pula.

Menurutnya, dari pelatihan ini selain membangun rasa tanggung jawab, dan disiplin, juga membangun wawasan kebangsaan serta melatih cara membangun komunikasi untuk menyatukan bangsa.

"Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut ASN ataupun profesi lainnya bisa lebih mendalami keahliannya untuk berperan mendukung pertahanan negara," ujarnya lagi.

Dia menyatakan pula, untuk di Lampung saat ini belum ada yang mendaftarkan diri, karena pendaftaran baru akan dibuka.

"Di Lampung belum ada yang mendaftar karena baru dibuka, tapi saat ini pendaftaran sedang dibuka jadi kalau ada yang mendaftarkan dipersilakan," katanya pula.

Sebelumnya, Menpan RB telah menerbitkan Surat Edaran Menpan RB No. 27/2021 yang membahas tentang Peran Serta Pegawai ASN Sebagai Komponen Cadangan dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara.
Baca juga: Kemhan: Komcad bukan wajib militer karena bersifat sukarela
Baca juga: Ketua Kwarcab Pramuka Pringsewu izinkan anggota ikut seleksi komponen cadangan pertahanan negara