Sebanyak 68 CPNS Golongan II Pemkab Pringsewu Ikuti latsar

id Lampung, pringsewu,CPNS PRINGSEWU

Sebanyak 68 CPNS Golongan II Pemkab Pringsewu Ikuti latsar

Sebanyak 68 CPNS Golongan II Pemkab Pringsewu Ikuti latsar. Antaralampung/HO-Pemkab Pringsewu

Jaga kesehatan serta kekompakan selama mengikuti latsar.
Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 68 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Lampung mengikuti pelatihan dasar (latsar) CPNS.

Mereka berasal dari angkatan I dan II, dengan masing-masing angkatan berjumlah 34 peserta.

Latsar dibuka oleh Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Senin (20/9), didampingi Kepala BPSDM Provinsi Lampung yang diwakili Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial Elip Heldan, Asisten Administrasi Umum Hasan Basri, dan Sekretaris BKPSDM Kabupaten Pringsewu Judy Muljana, ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengatakan pelatihan dasar merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap CPNS, agar nantinya dapat menjadi ASN yang penuh kedisiplinan, profesional dan berkompeten, serta mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya secara optimal, serta setia dan taat kepada negara dan Pemerintah, bermoral dan bermental baik, dan mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Ibarat masuk ke dalam rumah, CPNS ini baru berada di teras rumah, belum masuk ke ruang utama di dalam rumah," katanya.

Latsar ini, kata Wabup, dibiayai oleh negara yang berasal dari uang rakyat. Karena itu haruslah bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini, sehingga nantinya dapat lulus dan menjadi PNS 100 persen. 

"Jaga kesehatan serta kekompakan selama mengikuti latsar," ujarnya

Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial BPSDM Provinsi Lampung Elip Heldan mengatakan Kabupaten Pringsewu adalah daerah yang paling beruntung dalam pelaksanaan latsar ini, karena mampu melaksanakannya walaupun di tengah pandemi COVID-19.

Heldan juga menegaskan kegiatan latsar ini bukan formalitas, tetapi merupakan persyaratan agar dapat diangkat menjadi PNS 100 persen. 

"Kegiatan ini melibatkan tiga lembaga negara, yakni LAN, BKN, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Jadi harus diikuti dengan sungguh-sungguh sesuai aturan yang ada", ujarnya pula.

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta latsar untuk senantiasa disiplin, mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan, menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan, serta membangun kerja sama yang harmonis, baik dengan peserta maupun penyelenggara.

Sekretaris BKPSDM Kabupaten Pringsewu Judy Muljana dalam laporannya mengatakan latsar CPNS golongan II angkatan I dan II ini dilaksanakan dari tanggal 20 September hingga 25 November 2021 yang dilaksanakan di 2 lokasi, untuk pembelajaran klasikal dilaksanakan di kelas yakni di Hotel Regency Pringsewu, dan pembelajaran non-klasikal di unit kerja masing-masing. 

"Untuk tenaga pengajar berasal dari widyaiswara BPSDM Provinsi Lampung yang telah mengikuti diklat training of facilitator, Kepala BPSDM Provinsi Lampung dan BKPSDM Kabupaten Pringsewu serta dari Kodim 0424," katanya pula.

Untuk materi latsar, kata Judy lagi, terdiri dari K=kurikulum pembentukan karakter PNS, yang terdiri dari agenda sikap perilaku bela negara, agenda nilai-nilai dasar PNS, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI dan agenda habituasi serta kurikulum penguatan kompetensi teknik bidang tugas.
Baca juga: Bupati Pringsewu tutup kegiatan Latsar CPNS Golongan III angkatan V dan VI
Baca juga: Wabup Pringsewu buka latsar CPNS golongan III
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021