BBPBL Lampung serahkan bantuan 2.500 benih lobster

id Budidaya lobster Lampung, BBPBL Lampung, benih lobster

BBPBL Lampung serahkan bantuan 2.500 benih lobster

Penyerahan bantuan benih lobster kepada pembudidaya lobster di Lampung. ANTARA/HO-Kepala BBPBL Lampung.

KJA untuk budidaya lobster cukup banyak di Teluk Lampung, total ada 845 kotak dari total 2.208 kotak yang ada, ini jadi potensi perikanan di Lampung sehingga pendampingan akan terus dilakukan, katanya

Bandarlampung (ANTARA) - Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung menyerahkan bantuan sebanyak 2.500 benih lobster kepada pembudidaya lobster guna meningkatkan hasil budidaya.

"Hari ini telah diserahkan sebanyak 2.500 benih lobster kepada pembudidaya lobster di Teluk Lampung," ujar Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung, Ujang Komarudin saat dihubungi di Bandarlampung, Rabu.

Dia mengatakan bantuan benih lobster tersebut diberikan untuk membantu pembudidaya meningkatkan hasil budidayanya.

Baca juga: Pemprov Lampung: Pengembangan kawasan hortikultura maksimalkan ekspor buah

"Benih lobster jenis pasir yang diberikan ukurannya berkisar 5-7 gram dan ini merupakan hasil pendederan segmentasi I BBPBL Lampung, ini diberikan agar lima orang pembudidaya binaan kita terus bersemangat mengembangkan lobster," katanya.

Ia melanjutkan kajian budidaya lobster dari benih bening lobster telah dilakukan sejak tahun 2020 dan telah teridentifikasi pula banyak ditemukan keramba jaring apung (KJA) di Teluk Lampung yang dimanfaatkan untuk pembudidayaan lobster.

"KJA untuk budidaya lobster cukup banyak di Teluk Lampung, total ada 845 kotak dari total 2.208 kotak yang ada, ini jadi potensi perikanan di Lampung sehingga pendampingan akan terus dilakukan," katanya.

Baca juga: Koperasi Tanggamus olah porang jadi chips tambah nilai jual

Menurutnya, Pulau Pasaran menjadi daerah yang paling banyak ditemukan KJA bagi budidaya lobster.

"Di Pulau Pasaran paling banyak KJA untuk lobster sebab tiga dari total lima pembudidaya lobster berasal dari sana, yang lain ada di Pesawaran dan Tanjung Putus," ujarnya.

Ujang melanjutkan selain bantuan benih lobster pembinaan untuk memberikan pakan yang baik, serta memaksimalkan hasil budidaya terus dilakukan kepada pembudidaya lobster di Lampung untuk meningkatkan lobster hasil budidaya.