Pertamina MOR Sumbagsel gelar donor plasma konvalesen

id pertamina, donor plasma konvalesen, covid, mor ii

Pertamina MOR Sumbagsel gelar donor plasma konvalesen

Pertamina gelar donorĀ  plasma konvaselen (ANTARA/HO)

Transfusi plasma konvalesen yang dilakukan perwira Pertamina Sumbagsel ini sebagai upaya peningkatan angka kesembuhan dari pasien COVID-19, ujarnya

Bandarlampung (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) melakukan kegiatan sosial berupa donor plasma konvalesen di halaman parkir Gedung Meditran Kantor Pertamina Region Sumbagsel, Palembang, Rabu.

Area Manager Medical MOR II, dr Maharani menjelaskan kegiatan yang diinisiasi oleh Medical Pertamina Regional Sumbagsel ini telah beberapa kali dilakukan bekerja sama dengan PMI Kota Palembang dengan Pertamina sebagai tuan rumah. 

"Transfusi plasma konvalesen yang dilakukan perwira Pertamina Sumbagsel ini sebagai upaya peningkatan angka kesembuhan dari pasien COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Pertamina Region Sumbagsel lanjutkan PLB hingga tahap ketiga

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan mengungkapkan donor plasma konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari COVID-19 kepada pasien yang sedang dirawat.

Adapun syarat menjadi donor plasma konvalesen  antara lain sudah sembuh dari COVID-19, usia 18 - 60 tahun, berat badan minimal 55 kg, diutamakan pria dan apabila perempuan belum pernah hamil, negatif COVID-19 serta bebas keluhan minimal 14 hari dan maksimal tiga bulan.

Kemudian, tidak menerima transfusi darah selama enam bulan terakhir dan lebih diutamakan yang pernah mendonorkan darah.

Baca juga: Pertamina sukseskan kegiatan Latihan Bersama Garuda Shield 2021

"Para perwira Pertamina yang telah memenuhi syarat akan dilakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel darah, jika memenuhi syarat, pengambilan donor plasma konvalesen akan dilakukan dengan metode apheresis," tambah Umar.  

Pada kegiatan donor plasma kali ini, terdapat 19 orang perwira Pertamina pendaftar yang terdiri dari 17 orang pria dan dua wanita. Sementara itu, yang lolos tahap penapisan/screening sebanyak 12 orang. Diharapkan seluruh peserta yang lolos tahap penapisan memiliki titter/kadar antibodi yang cukup sehingga bisa lanjut ke tahap donor plasma.

Kegiatan donor plasma konvalesen kali ini merupakan kegiatan donor plasma yang kedua yang dilaksanakan Pertamina Regional Sumbagsel di tahun 2021. 

Baca juga: Wakil Bupati Pringsewu ajak penyintas COVID-19 bersedekah plasma konvalesen

Kegiatan ini sebagai bukti kepedulian Perwira Pertamina sebagai wujud perusahaan dalam upaya mendukung pemerintah untuk menangani COVID-19.

"Selain kegiatan donor plasma juga dilaksanakan kegiatan donor darah biasa yang diiikuti 103 peserta dan pemeriksaan screening HIV dengan peserta sebesar 100 orang," tambah Umar.