Pertamina sukseskan kegiatan Latihan Bersama Garuda Shield 2021

id pertamina, latihan bersama, garuda shield, tni, us army

Pertamina sukseskan kegiatan Latihan Bersama Garuda Shield 2021

Pertamina dukung sukseskan kegiatan Latihan Bersama Garuda Shield 2021 (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel mendukung kegiatan Latma (Latihan Bersama) Garuda Shield Tahun 2021 yang dilaksanakan pada 1 - 14 Agustus 2021 di Baturaja, Sumatera Selatan.

"Latma Garuda Shield merupakan program latihan bersama antara TNI AD dengan US Army. Tahun ini merupakan program Latma Garuda Shield yang ke-15 dengan materi latihan terdiri dari latihan lapangan, menembak, medis dan penerbangan," kata Pejabat Sementara (Pjs)  Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Agustina Mandayati, dalan keterangan yang diterima di Bandarlampung,  Jumat. 

Ia mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kerja sama antara TNI dengan Divisi Infanteri ke-25 Amerika Serikat (US Army).

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan keamanan regional dan menyiapkan sarana "capacity building"  bagi negara pengirim pasukan PBB. Program ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Pertamina akan menyalurkan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamina Dex, Avtur dan Pelumas.

"Rencananya Pertamina akan menyalurkan kebutuhan BBM jenis Pertamina Dex sebesar 71,6 kilo liter," tambah Agustina.

Pertamina juga mendukung latihan bersama TNI AD dan US Army dengan pasokan avtur yang saat ini telah disalurkan sebesar 128 Kl melalui DPPU SMB II dari rencana kebutuhan sebesar 453,4 KL.

Selain itu, Pertamina menyediakan fasilitas refueler sebagai alat pengisian ke tanki dan refueler US Army serta menyediakan 2 (dua) unit bridger.

"Pertamina siap untuk memenuhi kebutuhan suplai BBM, avtur dan pelumas baik untuk TNI maupun US Army hingga selesai kegiatan Latma Garuda Shield ini," tutup Agustina.