Olimpiade Tokyo - AS raih emas omnium putri balap sepeda trek

id Olimpiade Tokyo, Balap sepeda trek Olimpiade Tokyo,Jennifer Valente

Olimpiade Tokyo - AS raih emas omnium putri balap sepeda trek

Pebalap sepeda Amerika Serikat Jennifer Valente merebut medali emas omnium putri balap sepeda trek Olimpiade Tokyo 2020 di Izu Velodrome, Shizuoka, Jepang, 8 Agustus 2021.  (REUTERS/MATTHEW CHILDS)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda trek Amerika Serikat Jennifer Valente bangkit setelah mengalami kecelakaan pada saat-saat terakhir untuk mempersembahkan medali emas omnium putri kepada Amerika Serikat dalam balap sepeda trek yang tak terlupakan di Izu Velodrome, Minggu.

Valente (26) unggul dengan poin meyakinkan menjelang akhir perebutan poin yang menjadi elemen terakhir dari lomba ketahanan empat bagian dalam jangka waktu tiga jam ketika dia terjatuh keras.

Tetapi setelah memulihkan diri, dia masuk lagi berlomba dan menghindari masalah untuk merebut gelar nomor ini dengan mengemas 124 poin.

Juara dunia dari Jepang Yumi Kajihara juga terjatuh pada beberapa lap terakhir tetapi bertahan untuk merengkuh medali perak dengan mengumpulkan 110 poin.

Pebalap sepeda veteran Belanda Kirsten Wild (38) mengakhiri lomba ini dengan medali perunggu yang merupakan podium Olimpiade pertamanya meskipun delapan kali menjadi juara dunia trek.

Harapan Inggris Laura Kenny untuk menjadi pesepeda putri pertama yang memenangkan tiga medali emas setelah menang dalam Olimpiade London dan Rio, pupus setelah terlibat dalam kecelakaan besar pada awal lomba.

Kenny yang menyabet medali emas Olimpiade kelima pekan ini ketika memenangkan emas madison, bangkit untuk memenangkan lomba menempuh waktu ini tetapi penampilan buruk dalam lomba eliminasi membuat terlalu banyak yang harus dia lalui akhirnya menempati urutan keenam, demikian laporan Reuters.