Dua kemenangan lagi Ajax juara

id liga belanda,klasemen liga belanda,hasil liga belanda,ajax,psv,az alkmaar,vitesse,feyenoord,ado den haag,emmen

Dua kemenangan lagi Ajax juara

Penyerang Ajax Sebastien Haller (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama Antony Matheus (kanan) dan Devyne Resnch seusai mencetak gol ke gawang RKC Waalwijk dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Mandemakers, Waalwijk, Belanda, Minggu (11/4/2021). (ANTARA/REUTERS/SIPA USA/PRO SHOTS)

Jakarta (ANTARA) - Ajax kini hanya berjarak dua kemenangan lagi untuk mengunci gelar juara Liga Belanda selepas mereka memantapkan posisi di puncak klasemen sementara.

Melawat ke Stadion Mandemakers pada Minggu malam tadi, Ajax mampu menjaga keunggulan 1-0 atas RKC Waalwijk hingga bubaran demi meraih kemenangan ke-23 mereka musim ini.

Kemenangan itu menjaga keunggulan 11 poin yang mereka miliki atas dua pesaing terdekat PSV Eindhoven dan AZ Alkmaar.

Mengingat Ajax punya satu laga simpanan yang belum dimainkan, tim besutan Erik ten Hag itu bakal mengunci gelar juara Eredivisie jika menang dalam dua pertandingan mereka selanjutnya.

AZ sempat mengambil alih posisi kedua setelah menang pada Minggu dini hari selepas mengalahkan Sparta Rotterdam 2-0 di Stadion AFAS.

Tak sampai 24 jam berselang, PSV juga menang dengan skor serupa kala bertandang ke markas VVV Venlo.

Kedua tim sama-sama mengoleksi 61 poin, tetapi PSV berhak menempati posisi kedua berbekal selisih gol surplus 34 gol, enam gol lebih banyak dibandingkan yang dimiliki AZ.

Di papan bawah, ADO Den Haag memelihara asa untuk menghindari degradasi setelah menahan imbang Vitesse Arnhem dengan skor 0-0 pada Sabtu (10/4) dini hari WIB.

Sayangnya poin perdana ADO dalam lima pertandingan terakhir mereka diikuti hasil kurang menguntungkan yang lantaran Emmen menang 3-1 di markas Fortuna Sittard pada Minggu dini hari WIB.

Emmen yang menempati posisi ke-17 kini mengoleksi 21 poin, unggul lima poin atas ADO (16) yang masih terkapar di dasar klasemen.

Hasil imbang Vitesse mampu dimanfaatkan oleh Feyenoord yang kembali ke jalur kemenangan dengan menundukkan Utrecht 2-1 di Galgenwaard semalam.

Feyenoord yang berada di posisi kelima kini mengoleksi 54 poin, atau hanya terpaut dua poin di bawah Vitesse dalam upaya memetik satu tiket otomatis kualifikasi Eropa.

Berikut jadwal dan hasil Liga Belanda pekan ke-29 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (10/4) dini hari
Vitesse Arnhem 0 - ADO Den Haag 0

Sabtu (10/4) malam s.d. Minggu (11/4) dini hari
Heracles Almelo 4 - Willem II 0 (Sinan Bakis 6', 38', Robin Proepper 46', Rai Vloet 77')
AZ Alkmaar 2 - Sparta Rotterdam 0 (Jordy Clasie 13', Dani de Wit 66')
Fortuna Sittard 1 - Emmen 3 (Dimitrios Emmanoulidis 85'; Sergio Pena p-53', Glenn Bijl p-89', Paul Gladon 90+7')
PEC Zwolle 1 - Twente 0 (Virgil Misidjan 35')

Minggu (11/4) malam
Utrecht 1 - Feyenoord 2 (Leroy Fer bd-13'; Simon Gustafson bd-27', Steven Berghuis 57')
VVV Venlo 0 - PSV Eindhoven 2 (Cody Gakpo 13', Donyell Malen 59')
Groningen 0 - Heerenveen 2 (Henk Veerman p-71', Tibor Halilovic 86')
RKC Waalwijk 0 - Ajax 1 (Sebastien Haller 14')

Klasemen Liga Belanda