Walhi Lampung: Pencemaran di Sungai Way Sekampung kejahatan lingkungan serius

id Walhi Lampung, Way Sekampung, Lampung Timur, KLHK

Walhi Lampung: Pencemaran di Sungai Way Sekampung kejahatan lingkungan serius

Nelayan Sungai Way Sekampung di Desa Asahan, Kecamatan Jabung Lampung Timur menunjukkan ikan yang mati akibat limbah yang mengotori di sungai setempat, Selasa (10/11/2020). (Antaralampung/Muklasin)

Lampung Timur (ANTARA) - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Daerah Lampung menyatakan pencemaran limbah di sungai (Way) Sekampung adalah kejahatan lingkungan serius. 

"Jelas pencemaran di Way Sekampung ini kejahatan lingkungan luar biasa," ujar Direktur Walhi Lampung Irfan Tri Musri di Lampung Timur, Rabu.

Irfan mengatakan, pelaku pembuang limbah  ke Way Sekampung telah melanggar UU No 32 Tahun 2009 tentang  Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. 

Irfan mengemukakan, pihaknya telah melakukan survei Way Sekampung di Kabupaten Lampung Timur dan  diketahui memang di sejumlah alur Way Sekampung, airnya berubah warna menjadi hitam.

"Kami temukan ada tujuh titik di aliran Way Sekampung airnya berubah warna menjadi hitam, tapi hambatannya kami belum dapat menemukan sumber limbah dari mana," ungkapnya. 

Namun Walhi menduga, limbah di Way Sekampung adalah limbah industri dari perusahaan.

Walhi pun mendesak, pemerintah menghentikan pencemaran di Way Sekampung dan mulai melakukan penyelidikan. 

Pemerintah pun harus memberikan sanksi tidak hanya administrasi tapi juga pidana kepada perusahaan yang terbukti membuang limbah ke Way Sekampung.

"Kami minta pemerintah dan penegak hukum segera melakukan penyelidikan dan memberikan sanksi seadil-adilnya dan segera melakukan langkah pemulihan lingkungan," pintanya. 

Untuk diketahui, dalam beberapa hari ini aliran Way Sekampung Lampung Timur  tercemar limbah lagi. 

Limbah tersebut membuat air Way Sekampung berubah hitam, berbau dan membuat ikan-ikan mati. 

Warga daerah setempat pada Rabu (11/11) siang ini mengabarkan bahwa aliran Way Sekampung tercemar limbah lagi dan kondisinya lebih parah dari hari sebelumnya dan membuat ikan-ikan mati.