Target revitalisasi wisata Situ Bagendit selesai akhir 2021

id Pemkab Garut, revitalisasi, situ bagendit, wisata, bupati Garut

Target revitalisasi wisata Situ Bagendit selesai akhir 2021

Suasana objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/Feri Purnama)

Bangga dan bersyukur dengan adanya pembangunan destinasi wisata Situ Bagendit
Garut (ANTARA) - Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan revitalisasi objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ditargetkan selesai akhir 2021 dengan total anggaran yang dikucurkan dari pemerintah pusat dan daerah sebesar Rp104 miliar.

"Pekerjaan proyek strategis ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta memperhatikan 'time schedule' yang telah disepakati selama 14 bulan sampai dengan bulan Desember 2021, kalau bisa dipercepat itu akan lebih baik," kata Rudy saat sosialisasi penataan atau pembangunan Kawasan Daerah Tujuan Wisata Situ Bagendit, Garut, Selasa.

Ia menuturkan revitalisasi Situ Bagendit itu merupakan program pemerintah pusat yang sudah digagas sebelumnya oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat kunjungannya ke Situ Bagendit pada Januari 2019.

Program pengembangan pariwisata itu, kata dia, tentu menjadi kebanggaan masyarakat Garut karena akan memiliki objek wisata yang megah dan mendunia.

"Kami atas nama masyarakat Kabupaten Garut merasa bangga dan bersyukur dengan adanya pembangunan destinasi wisata Situ Bagendit yang telah kita gagas bersama rencana pembangunannya, ketika Bapak Presiden Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja ke Situ Bagendit," katanya.

Menurut dia, revitalisasi kawasan wisata harus dilakukan karena pariwisata menjadi bagian penting dalam meningkatkan pendapatan ekonomi daerah Kabupaten Garut yang akhirnya bisa mensejahterakan masyarakat sekitar objek wisata.

"Sektor pariwisata telah menjadi bagian penting dalam upaya peningkatan pendapatan ekonomi daerah di Kabupaten Garut sebagaimana termuat dalam amanat perda," katanya.

Ia menambahkan, upaya mendukung program revitalisasi itu, Pemkab Garut telah membebaskan tanah masyarakat seluas 7,5 hektare yang ada di pinggiran Situ Bagendit dengan anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp22 miliar.

"Kita membebaskan tanah masyarakat kurang lebih 7,5 hektare, yang ada di pinggir Situ Bagendit ini, kalau yang dibangun itu adalah yang di bibir dan di tengah (danau), kami tambah lagi 7,5 hektare," kata Rudy.

Bupati mengimbau perusahaan yang mendapatkan proyek itu agar dalam pelaksanaannya selalu memperhatikan sumber daya yang baik dan kearifan lokal yang ada di daerah tersebut.

"Harapan kami dalam pelaksanaannya senantiasa berkoordinasi dan memanfaatkan sumber daya, baik tenaga kerja maupun material serta selalu memperhatikan kearifan lokal yang ada di wilayah Kecamatan Banyuresmi," katanya.
Baca juga: Disparbud Garut siap anggarkan Rp50 juta kembangkan wisata Curug Seeng
Baca juga: Wisata baru jelajahi Sungai Leuwi Daleum selatan Garut diluncurkan