Barikade Gusdur Lampung berharap Pilkada bebas COVID-19

id barikade gusdur, pilkada serentak,covid, protokol kesehatan

Barikade Gusdur Lampung berharap Pilkada bebas COVID-19

Sekretaris DPW Barikade Gusdur Provinsi Lampung Harry Sukoco. (ANTARA/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah Barisan Kader Gusdur Provinsi Lampung mengharapkan Pilkada  pada 9 Desember 2020 dapat berlangsung aman, damai, kondusif serta bebas COVID- 19.

"Delapan kabupaten dan kota di Lampung akan menggelar pilkada serentak. Kami berharap pesta demokrasi berlangsung aman dan tak ada klaster baru COVID-19 ," kata 
Sekretaris DPW Barikade Gusdur Provinsi Lampung Harry Sukoco pada Konsolidasi Organisasi dan Silaturahmi dalam menghadapi Pilkada serentak, di Bandarlampung,  Sabtu.

Ia juga meminta semua pihak untuk menjaga persatuan dan kesatuan karena lebih utama dari pada kepentingan politik.

Selain itu,  ia juga meminta kepada para simpatisan dan tim sukses agar jangan melakukan hal-hal yang dapat mencederai tatanan demokrasi di Provinsi Lampung.

"Kepada para paslon maupun tim suksesnya  harus menghilangkan perbuatan yang bersifat provokatif dan menebarkan isu SARA, karena itu dapat menimbulkan permusuhan antarwarga di  Lampung,” tambah dia.

Hary Sukoco juga mengingatkan kepada calon kepala daerah di delapan kabupaten dan kota yang akan bertarung di pilkada tidak melakukan politik uang atau memberi imbalan kepada masyarakat.

Pilkada lanjut dia,  adalah proses demokrasi dalam memilih pemimpin untuk lima tahun ke depan.

Oleh karena itu, menurut dia,  pilkada harus berlangsung lancar umum bebas dan rahasia, bebas dari kecurangan, bebas dari politik uang dan imbalan kepada masyarakat pemilih. 

"Berilah contoh tauladan dengan memberikan visi dan misi kepada konstituen, karena kita menginginkan pemimpin yang amanah yang dapat menciptakan kehidupan masyarakat sejahtera dan berkeadilan. Biarkan masyarakat memilih pemimpinnya dengan hati dan keinginannya sendiri," ujarnya. 

Ketua DPC Barikade Gusdur Lampung Timur Ustad Habib Hamdani (Gus Habib) meminta kepada parpol pengusung maupun pendukung serta organisasi yang tergabung dalam tim sukses agar bisa menciptakan suasana sejuk di tengah-tengah masyarakat.

"Jangan karena berbeda pilihan rasa persaudaraan yang selama ini kita bina dapat terpecah-pecah. Saya yakin masyarakat Lampung Timur dan masyarakat lainnya dapat menjaga tali sillaturahim, " ujarnya.

Delapan kabupaten dan kota di Lampung yang menggelar pilkada serentak yakni Kota Bandarlampung, Kota Metro, Kabupaten Waykanan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Selatan, Pesawaran dan Pesisir Barat Barat.