Barikade Gus Dur Lampung kembangkan UMKM

id barikade gus dur,umkm, gus dur store, irfandi romas

Barikade Gus Dur Lampung kembangkan UMKM

Sekretaris DPW Barikade Gus Dur Provinsi Lampung,  Mustofa. (ANTARA/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Barisan Kader (Barikade) Gus Dur Provinsi Lampung akan mengembangkan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat daerah setempat.  



"Selain itu, pengembangan UMKM ini juga untuk kesejahteraan pengurus Barikade Gus Dur Provinsi Lampung, " kata Sekretaris DPW Barikade Gus Dur Provinsi Lampung,  Mustofa,  di Bandarlampung, Sabtu. 



Ia menyebutkan, salah satu pengembangan usaha  itu diantaranya Gus Dur Store yang menjual atribut NU dan atribut Gus Dur. 



Menurutnya, anggota maupun pengurus dapat menjual barang atau produk UMKM di salah satu tempat usaha yang dikembangkan Barikade Gus Dur ini. 



"Produk UMKM anggota maupun pengurus juga dapat dijual di toko Barikade Gus Dur, " jelasnya. 



Pembentukan Gus Dur Store, dimaksudkan agar para pengurus dan anggota Barikade Gus Dur Lampung mempunyai ciri khas dengan memakai atribut Nahdlatul Ulama (NU) dan Gus Dur.



"Ke depan para pengurus dapat mempunyai ciri khas organisasi, misalnya dengan memakai atribut seperti kaos, pin, peci, jilbab dan busana islam lainnya,” jelasnya. 



Selain itu,  lanjut dia,  Barikade Gus Dur Lampung juga akan mengembangkan usaha restoran atau rumah makan yang terjangkau kocek masyarakat.



Rumah makan itu, menurutnya,  merupakan beberapa sektor usaha yang akan dikembangkan oleh DPW Barikade Gus Dur Provinsi Lampung. 



Selain itu, Barikade Gus Dur Lampung di bawah kepemimpinan M Irfandi Romas juga akan membentuk usaha koperasi. 



Menurut Koordinator Unit Usaha Koperasi Barikade Gus Dur Lampung, Ustad Mas Amiruddin, unit usaha koperasi tersebut penting untuk dibentuk. 



Salah satu tujuannya, untuk memperlancar finansial atau keuangan organisasi. 



“Barikade Gus Dur Lampung juga perlu memperhatikan pegelolaan keuangan untuk membantu menyejahterakan para pengurus DPW Barikade Gus Dur Lampung," kata Ustad Mas Amiruddin.

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar