HK gelar operasi mengantuk di Km 163 Tol Trans Sumatera di Lampung

id Lampung, hutama karya, terpeka

HK gelar operasi mengantuk di Km 163 Tol Trans Sumatera di Lampung

Hutama Karya (Persero) bersama Polda Lampung menggelar oprasi mengantuk kepada pengendara pribadi dan truk di KM 163, ini untuk menekan angka kecelakaan di jalan tol. (Foto : Antaralampung/Istimewa)

Kami gelar operasi mengantuk ini mulai pukul 03.00 sampai 05.00 WIB dini hari.
Bandarlampung (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) bersama Polda Lampung menggelar operasi mengantuk bagi pengendara mobil pribadi dan truk di Km 163 ruas Jalan Tol Trans Sumatera di Lampung, untuk menekan angka kecelakaan di jalan tol ini.

"Kami gelar operasi mengantuk ini mulai pukul 03.00 sampai 05.00 WIB dini hari. Karena di situlah jam-jam rawan para pengendara mulai merasakan ngantuk," kata Kabag Operasional Hutama Karya Cabang Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan Kayu Agung Mudjiono, di Km 164, Sabtu.

Menurutnya, operasi mengantuk di Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan Kayu agung ini, bertujuan untuk menekan angka kecelakaan di jalan tol.

Ia menyebutkan, hampir 60 persen faktor terjadi kecelakaan yaitu mengantuk.

Karena itu, diharapkan dengan adanya operasi ini bisa mengurangi angka kecelakaan pengendara di jalan tol.

Selain itu diimbau para pengendara di jalan tol itu untuk beristirahat.

Para pengendara juga dapat menikmati kopi gratis yang disediakan oleh Hutama Karya, dan roti bagi para pengendara yang ingin mengambil kopi.

Bukan hanya pembagian kopi, para pengendara juga dicek kondisi kesehatannya, seperti cek suhu dan tensi darah. Sedangkan untuk kendaraannya dilakukan pengecekan lampu rem, kondisi ban, dan lainnya.

"Ini kami lakukan secara bertahap, dan mengajak pengendara untuk berkendara dengan sehat dan aman, yaitu bagaimana menjaga kondisi badan dengan beristirahat saat mengantuk dan lelah karena dapat membahayakan nyawa penumpang dan pengemudi itu sendiri," katanya pula.

Mudjiono menjelaskan, operasi yang dilakukan sejak pukul 03.00 sampai 05.00 WIB telah melakukan pengecekan kepada 200 kendaraan pribadi dan 150 kendaraan besar dan sedang.

"Mudah-mudahan dengan adanya operasi yang sudah kami lakukan ini, dapat berdampak positif dan bisa menekan angka kecelakaan di jalan tol," ujar dia pula.
Baca juga: PT HK edukasi dan sosialisasi pencegahan COVID-19 ke pengguna jalan tol


Personel Satuan PJR Polda Lampung AKP Budi Harto mengatakan, kegiatan imbauan keselamatan operasi mengantuk yang dilaksanakan pagi hari ini bersama Hutama Karya ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan Kayu Agung.

"Tahapan yang kita laksanakan adalah kendaraan dari arah Bakauheni yang akan menuju Palembang kami masukkan ke kantong parkir di rest area 163 jalur Ambon, dari kendaraan yang dimasukkan ke kantong parkir kemudian dihentikan dan tanyakan kepada sopirnya dikasih imbauan bahwa apabila pengemudi merasa lelah atau mengantuk silakan untuk istirahat. Kami pun dari penyelenggara menyiapkan minuman berupa kopi gratis dan pemeriksaan kesehatan," katanya lagi.

Budi menjelaskan, dari kegiatan bersama ini, para pengemudi sangat antusias dan berterima kasih dengan diselenggarakannya imbauan keselamatan mengantuk ini, dan para pengendara juga tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat berkendara.
Baca juga: Cegah COVID-19, PT HK tutup sementara top-up tunai Tol Bakauheni-Terbanggibesar