Tiga pemain klub Vitoria Guimaraes positif COVID-19

id liga portugal, vitoria guimaraes,olahraga terdampak corona

Tiga pemain klub Vitoria Guimaraes positif COVID-19

Kiper Vitoria Guimaraes Miguel Silva menjalani tes COVID-19 sebagai prasyarat untuk menjalani latihan kembali di fasilitas klub pada Jumat (8/5). (ANTARA/Twitter@VitoriaSC1922)

Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Utama Portugal Vitoria Guimaraes mengkonfirmasi tiga pemainnya dinyatakan positif terjangkit COVID-19 berdasarkan hasil tes.

Vitoria saat ini telah melanjutkan latihan individual untuk mempersiapkan dilanjutkannya musim kompetisi 2019/20, yang dijadwalkan pada akhir Mei.

Dikutip AFP, Minggu, para pemain "tidak menunjukkan gejala dan dikarantina," kata klub tersebut dalam pernyataan pada Sabtu malam, tanpa menyebutkan mereka.

Kasus-kasus tersebut ditemukan selama screening pada Jumat terhadap semua staf, pelatih dan pemain klub tersebut.



Pemerintah Portugal mengumumkan pada 30 April bahwa divisi satu Portugal akan diizinkan untuk dilanjutkan mulai akhir pekan terakhir pada Mei, secara tertutup dan tunduk kepada persetujuan protokol kesehatan.

Otoritas olahraga dan kesehatan masih mengerjakan protokol tersebut dan belum mengkonfirmasi tanggal dilanjutkannya pertandingan, dengan sepuluh putaran masih harus dimainkan.

Ketika kompetisi terputus oleh pandemi virus corona, Porto berada di puncak klasemen, satu poin di atas Benfica.



"Penting bahwa musim kompetisi olahraga bisa berakhir," kata Perdana Menteri Antonio Costa pada Jumat dalam wawancara dengan Porto Canal.

Pemain dan pelatih "akan menjadi yang pertama mengambil tindakan pencegahan untuk mengindari kontaminasi", tambahnya, menekankan bahwa "jika satu klub semua timnya terinfeksi, akan kehilangan pertandingan".

Sama halnya dengan tiga kasus yang dilaporkan oleh Guimaraes, sedikitnya satu pemain lain sudah dinyatakan positif pekan lalu, dari tim U-23 klub Lisabon Belenenses.