Dinkes Lampung lakukan tracing setelah dua PDP positif COVID-19

id COVID-19,Wuhan,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Dinkes Lampung lakukan tracing setelah dua PDP positif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana bersama Danrem 043/Gatam, Kolonel Inf Taufiq Hanafi, usai penyerahan alat pelindung diri (APD). Kamis. (26/3/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengungkapkan setelah menerima hasil laboratorium dari swab pasien dalam pengawasan (PDP), ada dua orang yang dinyatakan positif COVID-19 dan segera melakukan penelusuran ke keluarga pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana , di Bandarlampung, Kamis menegaskan, setelah mengetahui adanya penambahan pasien yang positif COVID-19, pihaknya langsung melakukan penelusuran (tracing) ke keluarga kedua pasien.



"Jadi kita langsung lakukan tracing yang diutamakan adalah ke keluarga si pasien positif corona terlebih dahulu," katanya.

Reihana menjelaskan, setelah hasil uji laboraturium yang diketahui hari ini ada dua orang PDP yang positif corona, sehingga saat ini sudah ada tiga orang yang positif COVID-19 di Lampung,.

Ia menjelaskan semua pasien yang positif corona merupakan PDP yang berubah statusnya menjadi positif, sehingga protap dalam penangan COVID-19 memang sudah sesuai dengan standarnya.

"Pasien 02 merupakan laki-laki usia 35 tahun dan pasien 03 juga laki-laki tapi umurnya saya lupa, semua sudah dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM)," kata dia.

Ia menegaskan bahwa ketiga pasien positif corona di Lampung ini bukanlah transmisi lokal, namun mereka semua pernah kontak dengan orang di luar daerah Lampung.

Seperti pasien 01, lanjutnya, yang pernah kontak dengan orang positif COVID-19 di Bogor, kemudian Pasien 02 juga pernah kontak dengan orang di Yogyakarta, dan pasien 03 pernah kontak dengan orang asing.

"Kebetulan ketiga pasien yang positif COVID-19 ini adalah warga Bandarlampung," katanya.


 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar