Jus buah ara bermanfaat obati insomnia hingga cegah Alzheimer

id manfaat jus ara,buah ara

Jus buah ara bermanfaat obati insomnia hingga cegah Alzheimer

Ilustrasi jus buah ara (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Buah ara kaya akan kandungan nutrisi seperti serat, kalium, kalsium dan magnesium, tak heran jika buah ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Buah berbentuk lonceng ini memiliki banyak biji, namun mudah dicerna oleh tubuh. Untuk menyiapkannya menjadi segelas jus, Anda perlu merendam ara mentah semalaman dan bisa mengolahnya pada pagi hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jus Ara menurut Boldsky, Selasa.



1. Mengobati insomnia
Ara encer memiliki efek potensial pada sistem saraf pusat (SSP). Sebuah penelitian mengatakan bahwa jus ara memiliki tindakan sedatif-hipnotis pada SSP yang membantu kecemasan, migrain dan insomnia pada seseorang.

2. Mengobati infeksi pernapasan
Jus ara kaya akan senyawa fenolik dan asam organik. Mereka juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meringankan penyakit pernapasan seperti batuk, sakit tenggorokan atau masalah bronkial lainnya.

3. Mencegah risiko diabetes
Ara memiliki efek signifikan pada kadar glukosa darah dan kadar kolesterol. Menurut sebuah penelitian, ekstrak etil asetat dalam ara membantu meningkatkan pemanfaatan glukosa dan mengendalikan diabetes. Studi ini juga mengatakan bahwa jus ara memiliki efek sitoprotektif pada sel beta pankreas yang membantu mengatur kadar glukosa dalam tubuh.

4. Menjaga berat badan
Serat sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan yang baik dan memberikan rasa kenyang. Buah ara dikemas dengan serat makanan yang membantu menjaga rasa lapar kita. Ini lebih sedikit mengonsumsi camilan yang membantu mengontrol kenaikan berat badan.

5. Mencegah Alzheimer
Ara merupakan sumber antioksidan, polifenol, serat makanan, vitamin dan mineral yang baik. Buah ini juga mengandung banyak asam amino dan nol kolesterol. Menurut sebuah penelitian, konsentrasi besar senyawa ini dalam jus, membantu mencegah penyakit neurodegeneratif terkait usia seperti Alzheimer.

6. Membantu pembentukan otot
Jus ara kaya akan karbohidrat dan gula alami yang membantu meningkatkan energi sehingga memungkinkan kita melakukan lebih banyak latihan. Selain itu, proteinnya membantu membangun massa tubuh.

7. Memperlambat penuaan
Jus ara memiliki banyak senyawa fenolik yang bertindak sebagai antioksidan. Mereka membantu mengais radikal bebas dan melindungi tubuh kita dari kerusakan oksidatif. Ara juga mengandung flavonoid tingkat tinggi dan anthocyanin yang berkontribusi untuk menawarkan sifat anti-inflamasi, sehingga memperlambat penuaan dan membuat kulit sehat.