Kelurahan Enggal Kota Bandarlampung jadi kawasan tertib berlalu lintas

id kelurahan enggal, kampung tertib lalin, ditlantas polda, satlantas polresta

Kelurahan Enggal Kota Bandarlampung jadi kawasan tertib berlalu lintas

Kelurahan Enggal Bandarlampung jadi kampung tertib berlalu lintas di Bandarlampung, Rabu (11/3/2020). (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Kelurahan Enggal di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung menjadi salah satu kawasan tertib berlalu lintas yang akan menjadi pelopor dalam memberikan edukasi dan pemahaman berlalu lintas kepada masyarakat dengan tujuan untuk menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

"Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung melakukan asistensi terkait kampung tertib lalu lintas yang didirikan oleh Satlantas Polresta Bandarlampung sebagai supervisi penilaian lomba Kampung Tertib Lalu Lintas yang dicanangkan Korps Lalu Lintas Polri," kata Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Lampung AKBP Junaedi, di Bandarlampung, Rabu.

Junaedi yang juga tim penilai lomba menerangkan, tujuan dari dibentuk kampung tertib lalu lintas ini, yaitu sebagai edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya tertib dalam berlalu lintas.

Menurutnya, kecelakaan lalu lintas diawali sebuah pelanggaran, sehingga dengan tertib dalam berlalu lintas akan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Ia menjelaskan, masyarakat dibina sebagai polisi bagi dirinya sendiri untuk mengingatkan warga terutama di lingkungan keluarganya sendiri untuk tertib berlalu lintas, salah satu contohnya adalah ibu rumah tangga dapat mengingatkan anaknya untuk selalu menggunakan helm ketika mengendarai sepeda motor dan membawa surat kelengkapan berkendara.

"Hal inilah yang nantinya dapat ditularkan ke masyarakat lainnya," kata Junaedi.

Camat Enggal, Bandarlampung, Samsul Rizal mengapresiasi kegiatan ini dan bersama warga Kelurahan Enggal siap mendukung program kampung tertib lalu lintas berjalan dengan sukses.

Terlebih Kampung Enggal ini, lanjut dia, terlihat bersih dan rapi, masyarakat juga dapat menjadikan wilayah ini selain edukasi dengan gambar yang terpajang di tembok atau mural, namun menjadi lokasi berswafoto sebagai sarana wisata kota.

Kelurahan Enggal selain dipasang sejumlah rambu-rambu lalu lintas dan baner, terdapat pula kamera CCTV yang terpantau di sepanjang jalan yang berada di Rawa Sari, Jalan Rawa Subur, dan Jalan Rawa Bengkel, serta terdapat ruang baca bagi masyarakat dan anak-anak sekitar.