Menteri Sosial: Kopi robusta Lampung Barat, joss!

id rakernas pdip, kopi robusta lambar, stan pdip lambar, pameran inovasi

Menteri Sosial: Kopi robusta Lampung Barat, joss!

Wakil Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) yang juga Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju, Juliari P Batubara. (Antara Lampung/HO)

Nyeruput kopi Lampung Barat, memang beda, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) yang juga Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju, Juliari P Batubara, mengatakan, kopi robusta asal Lampung Barat memiliki cita rasa dan aroma yang khas.

"Saya Menteri Sosial Republik Indonesia. Kopi robusta dari Lampung Barat, joss!" seru Juliari yang mengenakan baju merah khas banteng seraya mengacungkan jempol memuji rasa kopi robusta.

Juliari larut dalam keriaan aromatik kopi robusta Lampung Barat (Lambar), di stan promosi DPC PDIP Lambar di arena pameran inovasi PDIP, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu, dalam rangka peringatan HUT ke-47 dan Rakernas I PDIP 10 hingga12 Januari 2020.

Ia bersama sejumlah anggota Fraksi PDIP DPR menyambangi dan menyeruput kopi di stan yang dijaga oleh Risdiantoni, petani kopi, pemilik Saung Coffee Mang Encak', Pekon Pinusan, Sumber Jaya, Lambar itu, 

Anggota Komisi III DPR Bambang DH yang mengakui kekhasan cita rasanya. 

"Nyeruput kopi Lampung Barat, memang beda. Walaupun mungkin di Indonesia banyak ditanam di daerah lain, mungkin karena apa, masalah tanah, kontur tanah di Lampung Barat yang memang apa ya, khas. Ini tinggal promosi, saya lihat kemasannya sudah bagus," puji dia.

Ia mengaku pernah berkeliling ke Lampung Barat, di kampung-kampung itu sudah ada budi daya kopi sudah luar biasa.

Mantan Wali Kota Surabaya 2002-2010 ini mengatakan, pemerintah daerah dalam hal ini Lampung Barat juga sudah sangat peduli dalam membangun dan membina sektor perkebunan dan pertanian. 

"Dulu dirintis Pak Mukhlis Basri (mantan bupati) dan sekarang dilanjutkan oleh Pak Parosil. Top!," ujarnya bertestimoni.

Anggota Komisi IX DPR yang juga Ketua Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PDIP Ribka Tjiptaning Proletariyati, dua anggota Komisi XI, Sihar Sitorus dapil Sumut, dan Indah Kurnia, pemecah dua rekor MURI --manajer wanita klub sepak bola pertama di Indonesia (2006 saat manajer Persebaya), penyanyi 714 lagu tanpa teks selama lima hari (2007), sejawat Bambang dapil Jatim I, turut pula menyambangi stan PDIP Lampung Barat.

DPP PDIP melalui Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Digital akan membawa kopi robusta Lampung Barat mengikuti berbagai agenda pameran kopi di luar negeri.

Ini merespon upaya kreatif dan perjuangan kolektif pengampu perkopian di Lampung khususnya Lampung Barat termasuk jejaring kader, anggota, simpatisan PDIP setempat dalam mempromosikan berbagai varian produk kopi robusta demi peningkatan kesejahteraan petani kopi dan kemajuan ekonomi daerah. 
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar