Tottenham terjungkal di markas Southampton

id tottenham,southampton,liga inggris,danny ings,harry kane

Tottenham terjungkal di markas Southampton

Penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane (kanan) terlihat meringis kesakitan sembari memperlihatkan gestur meminta ditarik keluar dari lapangan dan digantikan dalam laga lanjutan Liga Inggris melawan Southampton di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Rabu (1/1/2020). (ANTARA/REUTERS/Ian Walton)

Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur terpeleset di markas Southampton dan kalah 0-1 dalam laga pekan ke-21 Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Rabu, hasil buruk itu diperparah dengan cedera yang diderita oleh penyerang andalan mereka, Harry Kane.

Sebuah gol tunggal dari Danny Ings mengantarkan Southampton menjadi tim Inggris ketiga, setelah Manchester United dan Chelsea, yang bisa memetik tiga poin penuh dari Tottenham sejak kedatangan Jose Mourinho.

VAR turut bertanggung jawab dalam kekalahan Tottenham tersebut, lantaran menganulir gol Kane pada pertengahan babak kedua, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan yang diraih Southampton membuat tim besutan Ralph Hassenhuettl itu merangsek naik ke urutan ke-11 klasemen dengan koleksi 25 poin, sedangkan Tottenham (30) tertahan di posisi keenam.

Kedua tim bermain terbuka sejak sepak mula dan mengancam gawang satu sama lain, tetapi tandukan Cedric Soares masih melenceng dan tembakan Kane dari luar kotak penalti masih bisa diselamatkan kiper Alex McCarthy.

Tuan rumah jadi kubu yang lebih dulu memetik hasil dari berimbangnya permainan kedua tim, ketika pada menit ke-17 Jack Stephens mengirim umpan lambung disambut tendangan voli Ings yang membuat kiper Paulo Gazzaniga mati langkah demi membuka keunggulan Southampton.

Lima menit jelang turun minum, Tottenham punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan ketika sepak pojok Christian Eriksen jatuh di hadapan Jan Vertonghen, tetapi bek Belgia itu malah melakukan penyelesaian yang melambung di atas mistar gawang.

Tiga menit memasuki babak kedua, sebuah insiden terjadi di dalam kotak penalti Tottenham ketika bola umpan silang Ryan Bertrand mengenai tangan Toby Alderweireld. Namun VAR memutuskan tidak ada tendangan penalti bagi Southampton, sebab Alderweireld dianggap tak sengaja melakukannya.

Tottenham berusaha bangkit dan pada menit ke-73 Kane berhasil meluncur demi menyontek bola tendangan bebas Eriksen ke dalam gawang Southampton, tetapi di tepi lapangan hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside. Hal itu ditinjau oleh VAR yang kemudian setuju atas vonis offside tersebut.

Ironisnya, Kane menderita cedera saat meluncur demi menjangkau bola tersebut hingga langsung ditarik keluar digantikan Erik Lamela.

Tiga menit jelang waktu normal berakhir, Tottenham memperoleh peluang lagi melalui Lucas Moura yang tembakannya membentur salah satu bek Southampton dan arah bola sudah mengecoh McCarthy, tetapi pada akhirnya masih melenceng di sisi kanan.

Gagalnya peluang itu terkonversi jadi gol membuat Tottenham pulang dengan tangan hampa lantaran skor 1-0 bagi Southampton bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Susunan pemain:

Southampton (4-4-2): Alex McCarthy; Cedric Soares, Jack Stephens, Jan Bednarek, Ryan Bertrand; Stuart Armstrong (Oriol Romeu), James Ward-Prowse, Pierre-Emile Hojbjerg, Moussa Djenepo (Shane Long); Nathan Redmond, Danny Ings (Michael Obafemi)
Pelatih: Ralph Hassenhuetl

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Paulo Gazzaniga; Serge Aurier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Ryan Sessegnon; Tanguy Ndombele (Giovani Lo Celso), Moussa Sissoko; Christian Eriksen, Dele Alli, Lucas Moura; Harry Kane (Erik Lamela)
Pelatih: Jose Mourinho