Mahasiswa pun bersemangat wirausaha sejak dini

id mahasiswa berwirausaha,unila,Antara lampung,wirausaha sejak dini,lampung

Mahasiswa pun bersemangat wirausaha sejak dini

Varren salah seorang mahasiswi Univeritas Lampung yang berani berwirausaha sejak dini, Bandarlampung, Lampung, Rabu (11/9/2019). ANTARA/istimewa.

Menurut Varren, meskipun banyak kendala yang dihadapi, salah satunya permasalahan pembagian waktu kuliah dan pengembangan usaha, dirinya tetap bersemangat mengembangkan usaha yang telah digeluti sejak lama.
Bandarlampung (ANTARA) - Pelaku usaha tidak hanya didominasi oleh kaum profesional, tetapi generasi muda kini telah berani berwirausaha sejak dini, salah satunya telah banyak mahasiswa berwirausaha di tengah kesibukan kuliah.

"Saya sudah menjalankan usaha event organizer sejak lulus sekolah menengah atas hingga saat ini, karena saya sejak awal telah berkecimpung di dunia penyiaran radio, sehingga saya memiliki pengalaman untuk mengembangkan usaha ini," ujar Varren, salah seorang mahasiswi Universitas Lampung, di Bandarlampung, Rabu.

Menurut Varren, meskipun banyak kendala yang dihadapi, salah satunya permasalahan pembagian waktu kuliah dan pengembangan usaha, dirinya tetap bersemangat mengembangkan usaha yang telah digeluti sejak lama.

"Dengan usia saya yang terbilang muda yaitu 19 tahun, saya terkadang kesulitan memperoleh kepercayaan dari konsumen. Tetapi setelah mereka tahu kemampuan dan hasil kerja saya, mereka mengapresiasinya," ujarnya.

Menurut Varren, dirinya memilih event organizer sebagai usaha, karena sesuai dengan kegemaran, sehingga sesulit apa pun tidak akan menjadi beban melainkan menjadi sebuah tantangan baru.

"Awal mula saya merintis usaha ini dengan menjadi pemandu acara ulang tahun teman, saat itu saya pernah tidak dibayar sama sekali hingga dibayar dengan nasi kotak, tetapi saya tetap merasa bahagia," katanya lagi.

Menurutnya, dengan keberanian generasi muda dalam berwirausaha seperti yang telah banyak dilakukan pada era modern telah membantu mengurangi pengangguran dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Ketika kita merintis usaha di usia muda kemungkinan usaha akan berkembang jauh lebih besar, sehingga kita setidaknya akan membantu perekonomian daerah dengan mengurangi pengangguran salah satunya dengan cara mengajak teman sepermainan untuk bekerjasama," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Bima, salah seorang mahasiswa Universitas Lampung.

"Meskipun saya sempat mengalami kegagalan untuk membangun usaha di masa lalu saya tidak patah arang dan akan terus membuka usaha lainnya, karena akan lebih baik bila kita dapat mandiri di usia muda dan membantu orang lain dengan membuka lapangan pekerjaan," ujarnya pula.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar