Aneka rasa Cireng Salju, produk mahasiswa berwiraswasta

id mahasiswa berwirausaha,cireng salju

Aneka rasa Cireng Salju, produk mahasiswa berwiraswasta

Produk Cireng Salju hasil inovasi Sara Mariska, mahasiswa Unila (kanan), Bandarlampung, Sabtu 02/11/2019 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Sara Mariska, salah seorang mahasiswa Teknik Elektro Universitas Lampung, berani berwiraswasta dan menghasilkan produk inovatif  dengan merek "Cireng Salju" aneka rasa yang digemari kaum milenial.

"Awal mula termotivasi untuk membuka usaha kecil-kecilan karena kebutuhan akan biaya untuk hidup, sehingga saya mencoba menjual cireng basah selama satu tahun, hingga saya mendapatkan dana hibah dari Program Mahasiswa Wirausaha Kampus," ujar Sara, saat dihubungi di Bandar Lampung, Sabtu.

Menurutnya, bisnis cireng basah yang ia geluti selama satu tahun tidak membuahkan hasil dan mengalami banyak kendala, hal tersebut membuatnya  mencoba inovasi lain berupa Cireng Chips.

"Saat menjual produk cireng basah banyak kendala yang harus dilalui, seperti legalitas dari BPOM, jangka waktu produk yang pendek, dan prospek di masa depan yang kurang baik. Sehingga saya memutuskan untuk mengubah produk menjadi Cireng Chips beraneka rasa," ujar Sara.

Baca juga : Pelaku usaha berharap sinergisitas dua Kementerian majukan UMKM

Menurutnya, pemasaran produk inovasi berbentuk Cireng Chip baru ia lakukan dalam waktu tiga minggu belakangan, sebab banyak hal yang harus di uji coba secara terperinci guna menghasilkan produk berkualitas.

"Produk Cireng Chip dengan merek dagang Cireng Salju terdiri atas tiga varian rasa meliputi rasa original, ubi ungu, wortel dan akan bertabah dengan varian rasa bayam serta buah naga. Kebetulan kami hanya membuat cireng dengan bahan 100 persen sayuran sehingga dapat menjadi salah satu cemilan sehat," ujarnya.

Cireng Salju aneka rasa dijual dengan harga Rp15.000 per bungkus, dengan area pemasaran wilayah Lampung hingga luar daerah.

"Kami untuk sementara masih bergantung pada pemasaran offline melalui distributor, meskipun kami juga memiliki toko daring. Untuk omzet dalam dua hari dapat mencapai Rp2,8 juta dan dipasarkan hingga luar Lampung seperti Jambi dan Bogor," ujarnya.

Cireng Chips dengan merek dagang Cireng Salju mendapat respons positif dari konsumen.

"Rasanya enak, garing dan renyah, karena bentuk cirengnya seperti keripik, dan ada rasa sayurnya. Cocok sekali untuk menjadi cemilan dan teman mengerjakan tugas kuliah," ujar Juliana, salah seorang konsumen.

Menurut dia, produk Cireng Salju hasil wirausaha mahasiswa tidak kalah citarasanya dengan produk perusahaan besar.