Bursa saham Jerman menguat

id saham Jerman,indeks DAX-30

Bursa saham Jerman menguat

Ilustrasi - Pergerakan saham pada indeks acuan DAX di Bursa Saham Frankfurt, Jerman. (Reuters)

Frankfurt (ANTARA) - Bursa saham Jerman ditutup menguat tipis pada perdagangan Senin dengan indeks acuan DAX-30 di Bursa Efek Frankfurt naik 0,12 persen atau 14,50 poin, menjadi 11.953,78 poin.

Kelompok perusahaan energi Jerman RWE meraih keuntungan paling banyak (top gainer) di antara saham-saham unggulan atau blue chips, dengan harga sahamnya meningkat 3,67 persen.

Disusul oleh saham perusahaan penyelenggara pasar untuk perdagangan saham dan sekuritas grup Deutsche Boerse, serta perusahaan reasuransi Munich Re, yang masing-masing naik sebesar 2,58 persen dan 1,19 persen.

Di sisi lain, perusahaan produsen material Covestro menderita kerugian paling banyak (top loser) di antara saham-saham unggulan, dengan harga sahamnya berkurang 1,38 persen.

Diikuti oleh saham perusahaan semikonduktor Infineon Technologies, serta perusahaan kimia dan farmasi multinasional Bayer, yang masing-masing turun 0,98 persen dan 0,92 persen.

RWE adalah saham yang paling banyak diperdagangkan sepanjang hari dengan nilai transaksi mencapai 122,6 juta euro (134,4 juta dolar AS).